Polri-BKSDA Bentuk Tim Evakuasi Harimau Mangsa 2 Warga Lampung Barat

Siagakan tim pemasang kandang jebakan hingga tim pemantau

Intinya Sih...

  • Tim evakuasi harimau Sumatera dibentuk oleh TNI/Polri, BKSDA, Mitra WCS, dan pemerintah setempat.
  • Petugas gabungan melakukan rembuk terkait rencana evakuasi harimau Sumatera di rumah Kepala Desa Bumi Hantatai.
  • Otoritas BKSDA membentuk tim khusus untuk pemasangan kandang jebakan dan pemantauan keberadaan harimau.

Lampung Barat, IDN Times - Personel TNI/Polri, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS), Mitra WCS, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Kecamatan hingga pekon (desa) dan masyarakat membentuk tim evakuasi harimau sumatera.

Tim evakuasi ini langkah tindak lanjut peristiwa meninggalnya dua warga Kabupaten Lampung Barat ditemukan tewas mengenaskan diterkam harimau selama Februari 2024.

"Tim evakuasi harimau Sumatera ini dibentuk dari sejumlah tim gabungan, guna melakukan evakuasi terhadap hewan buas harimau sudah meresahkan warga," ujar Kapolres Lampung Barat, AKBP Ryky Widya Muharam saat dimintai keterangan, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga: Pemuda Lampung Barat Tewas Diterkam Harimau, BKSDA Minta Warga Waspada

1. Masyarakat pemilik kebun sekitar TNBBS diimbau tak berkebun sementaran

Polri-BKSDA Bentuk Tim Evakuasi Harimau Mangsa 2 Warga Lampung BaratProses evakuasi jasad korban S, tewas diterkam harimau di Lampung Barat. (Dok. Polres Lampung Barat).

Ryky mengatakan, petugas gabungan telah melakukan rembuk terkait rencana evakuasi harimau Sumatera di rumah Kepala Desa Bumi Hantatai. Hasilnya, disepakati beberapa langkah diambil dalam upaya evakuasi harimau.

Berdasarkan hasil pertemuan, disepakati pemerintah Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) segera membuat surat imbauan ke masyarakat memiliki kebun di sekitar TNBBS.

"Jadi masyarakat berkebun di sekitar TNBBS, jangan melakukan aktivitas sementara waktu hingga beberapa hari ke depan," katanya.

2. Siagakan tim pemasangan hingga tim pemantau

Polri-BKSDA Bentuk Tim Evakuasi Harimau Mangsa 2 Warga Lampung Baratharimau benggala (commons.wikimedia.org/Hollingsworth, John and Karen)

Lebih lanjut pihak otoritas BKSDA, BBTNBBS dibantu Kodim 0422/LB dan jajaran Polres Lampung Barat membentuk tim khusus, untuk melakukan pemasangan kandang jebakan dibawa oleh BKSDA seksi lll Lampung guna menangkap dan evakuasi harimau dari wilayah setempat.

Selain membentuk tim pemasangan, tim gabungan juga menempatkan tim pemantau keberadaan harimau, agar memastikan hewan buas itu bisa masuk kandang jebakan yang telah dipasang.

"Dalam kegiatan tim evakuasi harimau ini, kami sudah menyiapkan agar evakuasi terhadap harimau bisa berjalan maksimal," imbuhnya.

3. Maksimalkan upaya evakuasi

Polri-BKSDA Bentuk Tim Evakuasi Harimau Mangsa 2 Warga Lampung Baratilustrasi harimau (pexels.com/Pixabay)

Ryky menambahkan, tim gabungan juga menyiapkan tim pendukung, untuk memaksimalkan keberhasilan evakuasi harimau sumatera telah menyerang warga tersebut.

"Kita berharap langkah-langkah yang telah kita buat bersama tim gabungan inj bisa membuahkan hasil yang maksimal," pungkasnya.

4. Minta masyarakat segera lapor otoritas saat melihat keberadaan harimau

Polri-BKSDA Bentuk Tim Evakuasi Harimau Mangsa 2 Warga Lampung BaratProses evakuasi jasad korban S, tewas diterkam harimau di Lampung Barat. (Dok. Polres Lampung Barat).

Dalam upaya antisipasi serangan harimau lanjutan, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik turut mengimbau kepada masyarakat hendak melalui kawasan hutan, atau melaksanakan pekerjaan perkebunan untuk meniadakan aktivitas tersebut sementara waktu.

"Kepada masyarakat apabila melihat hewan buas untuk segera laporkan ke kantor kepolisan terdekat dengan menggunakan call canter 110 Polri, ataupun pihak TNBBS jika melihat keberadaan harimau sumatera," pintanya.

Termasuk menyarankan kepada masyarakat jangan melakukan tindakan sendiri pada saat kondisi mendesak. "Harimau Sumatera salah satu hewan yang dilindungi, tetap waspada," tandas kabid humas.

Baca Juga: Pamit ke Ladang, Pemuda di Lampung Ditemukan Tewas Diterkam Harimau

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya