Polda Lampung Bentuk Timsus Anti Begal, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik

Minta pemudik siapkan kondisi fisik dan kendaraan

Intinya Sih...

  • Polda Lampung bentuk Tim Khusus Anti Begal di setiap polres/polresta jajaran untuk pengamanan masa mudik Lebaran 2024.
  • Pengawalan estafet bagi pemudik sepeda motor pada malam hari dimulai dari Pelabuhan Bakauheni dengan minimal 30 pemudik.
  • Imbauan kepada pemudik untuk menghindari tanggal puncak arus mudik dan balik serta memastikan kondisi fisik dan kendaraan selama perjalanan.

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung membentuk Tim Khusus Anti Begal di setiap polres/polresta jajaran dalam rangka pengamanan masa mudik Lebaran 2024 di Provinsi Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, tim khusus ini melibatkan personel Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) hingga Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum).

"Iya, pembentukan Tim Khusus Anti Begal di tiap polres/polresta jajaran ini bakal ditugaskan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Lokasi SPKLU PLN Tol Lampung Mudik Lebaran 2024, Banyak Lokasi Baru

1. Siapkan pengawalan pemudik motor malam hari

Polda Lampung Bentuk Timsus Anti Begal, Ini Prediksi Puncak Arus MudikPotret pengawalan pemudik sepeda motor di Pelabuhan Bakauheni. (Dok. Polda Lampung).

Dalam rangka kesiapan pengamanan arus mudik lainnya, Umi menyampaikan, Polda Lampung bekerjasama dengan Polres/Polresta jajaran juga bakal melakukan pengawalan bagi para pemudik sepeda motor hendak melintas pada malam hari.

Nantinya, pengawalan secara estafet akan dimulai dari titik kumpul di Pelabuhan Bakauheni dengan satu rangkaian pengawalan sedikitnya sebanyak 30 pemudik sepeda motor.

"Kami melakukan pengawalan bagi pengedaran menggunakan kendaraan roda dua, dengan membentuk rombongan khususnya pada malam hari," ucap Umi.

2. Prediksi puncak arus mudik 7-8 April dan arus balik 14-15 April 2024

Polda Lampung Bentuk Timsus Anti Begal, Ini Prediksi Puncak Arus MudikKabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Umi mengatakan, pihaknya telah memprediksi momen puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada 7-8 April. Sedangkan arus balik diperkirakan berlangsung pada 14-15 April 2024.

Seiring dengan ini, Polda Lampung dan jajaran mengimbau kepada pengguna lalu lintas, khususnya calon pemudik membawa kendaraan pribadi baik roda dua dan empat dapat menghindari tanggal-tanggal puncak arus mudik maupun balik tersebut.

"Kami meminta kerjasama para calon pemudik, hindari tanggal puncak arus demi kelancaran dan kemanan lalu lintas bersama di wilayah Lampung," pintanya.

3. Minta pemudik siapkan kondisi fisik dan kendaraan

Polda Lampung Bentuk Timsus Anti Begal, Ini Prediksi Puncak Arus Mudikilustrasi mudik (freepik.com/DC studio)

Umi menambahkan, para pemudik juga diharapkan dapat memastikan kesiapan kondisi fisik maupun kendaraan bakal digunakan selama perjalanan mudik Lebaran, serta tidak memaksakan berkendara saat merasakan lelah melanda.

"Siapkan diri maupun kendaraan, tetap taati peraturan lalu lintas, petugas di jalan, dan menghormati pengguna jalan lainnya demi keselamatan kita bersama," tandas kabid humas.

Baca Juga: Pelabuhan Panjang jadi Jalur Alternatif Pemudik Motor Lebaran 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya