Pj Gubernur Lampung: Perangkat Daerah-ASN Jaga Komitmen dan Integritas

Usung 3 program prioritas Presiden Jokowi

Intinya Sih...

  • Pj Gubernur Lampung Samsudin meminta perangkat daerah dan ASN menjaga komitmen dan integritas dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat.
  • Samsudin dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 69/P tertanggal 14 Juni 2024 oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian atas nama Presiden Jokowi.
  • Program prioritas pemerintah daerah sesuai arahan Presiden Jokowi adalah masalah stunting, pengendalian inflasi, ketahanan pangan, dan program yang sudah tersusun hingga gubernur terpilih dilantik pasca Pilkada 2024.

Bandar Lampung, IDN Times - Pj Gubernur Lampung Samsudin meminta segenap perangkat daerah hingga seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung tetap menjaga komitmen dan integritas.

Samsudin mengatakan, semua pihak harus fokus dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

"Ini (Pj gubernur) bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi saya yakin dan percaya, bahwa dengan kebersamaan dan dukungan saudara-saudara dari seluruh institusi serta elemen masyarakat yang ada di Provinsi Lampung, maka program-program pembangunan daerah yang telah tersusun dalam sebelumnya akan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Sah Jabat Pj Gubernur Lampung, Samsudin Minta Dukungan Forkopimda

1. Penunjukan sesuai keputusan Presiden

Pj Gubernur Lampung: Perangkat Daerah-ASN Jaga Komitmen dan IntegritasPj Gubernur Lampung, Samsudin. (Dok. Pemprov Lampung).

Menurut Samsudin, dirinya dilantik sebagai Pj gubernur Lampung berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 69/P tertanggal 14 Juni 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung.

Prosesi pelantikan penjabat gubernur Lampung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian atas nama Presiden Jokowi pada 19 Juni 2024 kemarin.

"Sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, disamping tugas pokok dan fungsi utama saya sebagai Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Hukum, Saya diamanahkan untuk melaksanakan peran sebagai Penjabat Gubernur Lampung," ucapnya.

2. Punya wewenang hingga tanggung jawab sama dengan gubernur definitif

Pj Gubernur Lampung: Perangkat Daerah-ASN Jaga Komitmen dan IntegritasPj Gubernur Lampung, Samsudin. (Dok. Pemprov Lampung).

Samsudin menyampaikan, selaku Pj gubernur memiliki wewenang, tanggungjawab, hak dan larangan bagi seorang penjabat sama dengan gubernur definitif.

"Namun dalam beberapa hal terkait pengambilan kebijakan strategis, penjabat gubernur akan terlebih dahulu melakukan konsultasi dan meminta persetujuan tertulis kepada Menteri Dalam Negeri," imbuhnya.

3. Bawa 3 program prioritas Jokowi

Pj Gubernur Lampung: Perangkat Daerah-ASN Jaga Komitmen dan IntegritasPj Gubernur Lampung, Samsudin. (Dok. Pemprov Lampung).

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Samsudin menyebutkan, terdapat tiga program prioritas harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah yaitu masalah stunting, pengendalian inflasi, dan ketahanan pangan.

Kemudian prioritas selanjutnya yakni meneruskan program sudah tersusun dari awal tahun hingga 6 bulan ke depan, tepatnya sampai gubernur terpilih dilantik pascarampungnya Pilkada 2024.

"Ini bukan hanya tugas saya sebagai Pj gubernur, bukan hanya tugas Sekda, bukan juga hanya perangkat daerah, tetapi teman-teman media pun berperan aktif menjaga semua agar berjalan dengan sebaik-baiknya. Mohon kerjasamanya untuk bisa bersama-sama kita memperbaiki, membangun Lampung sehingga masyarakat merasakan pembangunan di berbagai bidang," tandasnya.

Baca Juga: Pesan Tito Karnavian untuk Pj Gubernur Lampung Jelang Pilkada 2024 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya