Perkuliahan Selesai, Para Mahasiswa Rantau Mulai Tinggalkan Lampung

Pilih kendaraan motor konvoi bareng teman kampus

Intinya Sih...

  • Mahasiswa ITERA mudik lebih awal H-5 Lebaran 2024 untuk hindari kemacetan dan berkumpul dengan keluarga.
  • Faza dan lima teman konvoi motor ke Jakarta dan Tangerang, karena lebih fleksibel dan ramah kantong.
  • Perjalanan mudik menggunakan motor sudah dilakukan sejak tahun lalu, rencana habiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman.

Lampung Selatan, IDN Times - Para mahasiswa perantauan mulai meninggal Provinsi Lampung dan melangsungkan mudik ke kampung halaman demi bisa berkumpul dengan keluarga saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrah.

Al Faza (21), mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengaku sengaja memilih mudik lebih awal pada H-5 Lebaran 2024, terlebih pihak kampus baru meliburkan aktivitas perkuliahan.

"Mudik sekarang karena kalau udah mendekati H-3, apalagi H-2 meledak (jumlah pemudik). Jadi pasti macet banget, kuliah juga baru hari ini Libur," ujarnya saat dimintai keterangan di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Khawatir Terjebak Macet, Warga Sumatera Pilih Mudik Lebih Awal

1. Pulang ke daerah asal konvoi bareng teman kampus

Perkuliahan Selesai, Para Mahasiswa Rantau Mulai Tinggalkan LampungPara mahasiswa perantauan mulai meninggal Provinsi Lampung dan melangsungkan mudik ke kampung halaman demi bisa berkumpul dengan keluarga

Bukan seorang diri, Faza mengatakan, ia bersama lima teman kuliahnya melangsungkan perjalanan mudik Lebaran di tahun ini dengan cara konvoi mengendarai sepeda motor.

"Kalau saya ke Jakarta, tapi ini sama rombongan enam orang pakai empat motor, tapi tujuannya beda-beda ada yang ke Tangerang ada juga Jakarta," ujar mahasiswa semester 3 tersebut.

2. Pilih mudik pakai motor karena lebih fleksibel dan murah

Perkuliahan Selesai, Para Mahasiswa Rantau Mulai Tinggalkan LampungAktivitas Pelabuhan Bakauheni saat malam H-5 Lebaran 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mudik menggunakan sepeda motor diakui Faza bukan baru dilakoninya tahun ini, kendati pilihan serupa juga dilakukan sejak pada tahun lalu. Alasannya, dikarenakan mengendarai motor lebih fleksibel dan simpel.

Selain itu, menaiki sepeda motor juga dikatakan lebih ramah kantong. Walaupun demikian, dirinya bersama rekan-rekan sekampus tetap memperhatikan berkendara secara aman.

"Pakai motor lebih fleksibel sama simpel aja, dibandingkan pakai angkutan umum. Apalagi kalau pakai mobil kan jauh lebih murah," ucapnya.

3. Sudah rencanakan berkumpul bersama keluarga

Perkuliahan Selesai, Para Mahasiswa Rantau Mulai Tinggalkan LampungPara mahasiswa perantauan mulai meninggal Provinsi Lampung dan melangsungkan mudik ke kampung halaman demi bisa berkumpul dengan keluarga

Selama berlebaran di daerah asalnya, Faza telah merencanakan bakal banyak menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga, khususnya kedua orang tua.

"Temu kangen pastinya sama ayah ibu, apalagi ini dikasih waktu libur Lebaran dari kampus cuma sebantar cuma seminggu aja," tandasnya.

Baca Juga: Pembatasan Angkutan Barang Dimulai, Polda Lampung: Minta Kerjasamanya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya