Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Lampung, Warga Diimbau Waspada!

Peringatan banjir rob Lampung berlaku 29-31 April 2024

Intinya Sih...

  • BMKG Lampung keluarkan peringatan dini banjir rob di wilayah pesisir Lampung
  • Banjir rob dipengaruhi pasang maksimum dan fase bulan purnama pada 25 Maret 2024
  • Masyarakat diimbau waspada, siaga mengantisipasi dampak, dan memperhatikan informasi cuaca maritim secara berkala

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung mengeluarkan peringatan dini pasang maksimum air laut alias banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Lampung.

Potensi banjir rob ini terjadi di wilayah Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, Pesisir Timur Lampung, dan Pesisir Barat Lampung.

"Peringatan dini pasang maksimum banjir rob ini berlaku mulai 29 sampai 31 April 2024," ujar Prakirawan Stasiun Maritim Lampung, Putu Ray Arisudana, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga: Gegara Banjir Bandang, Pembudidaya Kerang Hijau Lampung Gagal Panen

1. Peningkatan pasang air laut dikarenakan fase bulan purnama

Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Lampung, Warga Diimbau Waspada!ilustrasi bulan purnama (pexels.com/Fatih Turan)

Dijelaskan Putu Ray, banjir rob dipengaruhi pasang maksimum disertai dengan fase bulan purnama pada 25 Maret 2024. Alhasil, fenomena ini berpotensi mengakibatkan peningkatan terhadap ketinggian pasang air laut maksimum pada 29-31 Maret 2024 .

Kondisi itu dikatakan secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

"Masyarakat yang bermukim di pesisir pantai, kami imbau agar waspada adanya potensi fenomena banjir pesisir atau rob ini," ucapnya.

Baca Juga: Influencer Lampung Ramai Kritisi Kinerja Wali Kota Eva Pasca Banjir

2. Masyarakat diimbau waspada dan siaga

Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Lampung, Warga Diimbau Waspada!Masyarakat Telukbetung Selatan, Bandar Lampung mengalami banjir rob. (IDN Times/Istimewa).

Lebih lanjut Putu Ray turut mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari Stasiun Meteorologi Maritim Panjang secara berkala.

"Bagi masyarakat khusus bermukim di sekitar wilayah pesisir diharap bersiap menghadapi kondisi tinggi air laut, sementara para nelayan diminta dapat mengurangi aktivitas melaut," tandasnya.

3. Prakiraan cuaca wilayah Lampung Kamis-Jumat, 28-29 April 2024

Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Lampung, Warga Diimbau Waspada!(bmkg.go.id)

Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca pada laman bmkg.go.id, Kamis (28/3/2024), peringatan dini waspada potensi hujan lebat dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Bandar Lampung, Lampung Tengah, Way Kanan, dan Lampung Utara pada siang - sore hari.

Kemudian untuk di wilayah Tulang Bawang Barat, Tulang bawang, Lampung Tengah, Metro, Bandar Lampung, Tanggamus, Lampung Barat, an Pesisir Barat pada malam hari.

Sedangkan prakiraan cuaca pada Jumat (29/3/2024), peringatan dini waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Tulang Bawang, Lampung Utara, Lampung Barat, Pesisir Barat, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Lampung tengah, Metro, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran dan Pesawaran pada siang - sore hari.

Lalu di wilayah Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Tanggamus, Metro, dan Bandar Lampung pada malam hari.

Baca Juga: Waspada! Banjir Rob Potensi Merendam 6 Wilayah Pesisir Lampung

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya