Perayaan Paskah, 50 Personel Polisi Berjaga di Tiap Gereja Bandar Lampung

Tim gegana Brimob Lampung sisir gereja

Bandar Lampung, IDN Times - Polresta Bandar Lampung siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani menjalankan perayaan ibadah Jumat Agung dan Paskah.

Kapolres Bandar Lampung, Kombes Pol Yan Budi Jaya, mengatakan, pihaknya akan memperketat kewaspadaan. Caranya, mengerahkan sejumlah personel berjaga di seluruh gereja di Kota Tapis Berseri

"Sudah kita datakan seluruh gereja di Kota Bandar Lampung, baik yang nanti malam (Kamis Putih) ada kegiatan sampai besok pagi (Jumat Agung) . Kita juga sudah siapkan personel untuk melakukan pengamanan aecara maksimal," ujar Yan Budi, Kamis (1/4/2021).

1. 50 personel dikerahkan di tiap Gereja di Kota Bandar Lampung

Perayaan Paskah, 50 Personel Polisi Berjaga di Tiap Gereja Bandar LampungKapolresta Bandar Lampung Kombes Yan Budi Jaya (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Yan Budi mengungkapkan, pengamanan itu nantinya bakal dilakukan secara terbuka maupun tertutup, serta berkoordinasi bersama aparat TNI.

Lanjutnya, pihaknya akan mengupayakan penjagaan secara maksimal dengan menurunkan 50 personil di tiap Gereja Kota Bandar Lampung. "Tapikan tidak semua gereja di Bandar Lampung tidak melaksanakan perayaannya keagamaan itu," imbuh Yan Budi.

Baca Juga: Antisipasi Terorisme, Begini Suasana Layanan Polda Lampung dan Polresta

2. Pengamanan turut dilakukan di fasilitas umum

Perayaan Paskah, 50 Personel Polisi Berjaga di Tiap Gereja Bandar LampungGereja Katedral Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, menuturkan, pengamanan telah terkait perayaan ibadah umat Kristiani sudah dilakukan sejak hari ini. Tidak hanya itu, pengamanan turut dilakukan di sejumlah tempat fasilitas umum di wilayah Provinsi Lampung.

"Kita akan menjaga rasa ketentraman orang yang akan beribadah, ini kewajiban kita (Polri) bersinergi bersama TNI. Tentunya, dengan dukungan pemerintah daerah, provinsi, kota, dan semua stakeholder, agar tidak ada intoleransi beragama di Lampung," imbuh Pandra sapaan akrabnya.

3. Tim Gegana Satbrimob Polda Lampung telah melakukan penyisiran

Perayaan Paskah, 50 Personel Polisi Berjaga di Tiap Gereja Bandar LampungTim Gegana Satbrimob Polda Lampung (IND Times/Tama Yudha Wiguna)

Pantauan IDN Times di sejumlah gdreja di Kota Bandar Lampung, terlihat telah melakukan persiapan dalam menyambut perayaan ibadah Jumat Agung dan Paskah. Salah satunya Gereja Katedral Kristus Raja Katedral di Jalan Kota Raja, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung.

Selain itu, Tim Gegana Satbrimob Polda Lampung juga telah melakukan penyisiran ke beberapa gereja, yang bakal melaksanakan ibadah keamanan. Terpantau, satu unit mobil Gegana ada sejumlah petugas Polri, dilengkapi alat metal detektor melakukan pemeriksaan di tiap sudut gereja.

4. Gereja Katedral Bandar Lampung hadirkan 52 umat Katolik

Perayaan Paskah, 50 Personel Polisi Berjaga di Tiap Gereja Bandar LampungGereja Katedral Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Koordinator Bidang Martyria Gereja Katedral Kristus Raja, Petrus Sugondo, menjelaskan, ibadah di gereja dibatasi 52 umat Katolik saja Selain itu, acara keagamaan ini juga bakal digelar secara virtual via streaming.

"Tentunya, kita tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19. Makanya, sebagaianbumat ada yang merayakan lewat virtual," papar Petrus.

Ia menjelaskan, acara keagamaan di Gereja Katedral nanti malam bakal terbagi menjadi dua sesi. Pertama pukul 18.00-19.30 WIB, kedua dari pukul 20.00 hingga 21.30 WIB.

"Ketika acara sudah dimulai pintu gerbang akan ditutup dan jika umat yang telat akan kita persilahkan pulang, sementara kendaraan sebagian akan diparkir di dalam dan ada di kantor Pos," tandas Petrus.

Baca Juga: Jelang Paskah, Gereja Bandar Lampung Percayakan Keamanan ke Aparat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya