Perayaan Natal 2021 di Bandar Lampung Berlangsung Aman dan Damai

Mapolresta terjunkan 240 personel menjaga seluruh gereja

Bandar Lampung, IDN Times - Perayaan Natal di Kota Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, berjalan aman dan damai serta kondusif, Sabtu (25/12/2021) pagi. Tak ada satu pun laporan gangguan atau ancaman ihwal hari raya umat kKristiani tersebut.

Berdasarkan pantauan IDN Times di tiga gereja besar Kota Tapis Berseri; Gereja Katedral Kristus Raja (jalan Kota Raja), Gereja HKBP Tanjungkarang (jalan Diponegoro), dan Gereja Methodist Indonesia Immanuel Bandar Lampung (jalan Dr.Susilo), umat Kristiani khusyuk mengikuti ibadah Natal.

Sejumlah petugas keamanan dari unsur TNI-Polri dan Satpol PP ikut berjaga selama pelaksanaan ibadah berlangsung. Geraja-gereja tersebut turut memberlakukan prokes ketat kepada pera jemaat sebelum memasuki lingkungan peribadatan. Mulai dari mengenakan masker, mencuci tangan, mengecek suhu tubuh, hingga scaning aplikasi PeduliLindung di pintu masuk.

1. Mapolresta terjunkan 240 personel pengamanan

Perayaan Natal 2021 di Bandar Lampung Berlangsung Aman dan DamaiSatgas) COVID-19 Pemerintah Kota Bandar Lampung resmi memberlakukan penyekatan menyambut momen perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kabag Ops Polresta Bandar Lampung, Kompol Oskar Eka Putra mengatakan, kepolisian mengamankan proses perayaan Natal 2021 sejak Jumat (24/12/2012) malam, mengingat sejumlah gereja telah dipadati jemaat yang hendak melaksanakan ibadah Misa malam Natal secara tatap muka.

Dalam proses pengamanan tersebut, Polresta Bandar Lampung menerjunkan sebanyak 240 personel. Mereka tersebar di tiap-tiap gereja di Kota Tapis Berseri.

"Khusus pada pengamanan Natal ini, kami juga melibatkan instansi lainnya untuk mendukung kelancaran dan keamanan ibadah saudara kita umat Kristiani," ujar Oskar.

Baca Juga: Indahnya Toleransi Beragama Warga Labuhan Dalam Kota Bandar Lampung 

2. Fokus menjaga situasi kondusif dan prokes ketat

Perayaan Natal 2021 di Bandar Lampung Berlangsung Aman dan DamaiPerayaan Natal di Kota Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung berjalan aman, damai, dan kondusif, Sabtu (25/12/2021) pagi. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Oskar menjelaskan, setiap gereja Kota Bandar Lampung telah dijaga 10-15 personel aparat Kepolisian. Sehari sebelum pelaksanaan Natal atau tepatnya 24 Desember 2021, personel Jibom Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung juga telah melakukan upaya sterilisasi.

Dalam pengamanan kali ini, fokus utama aparat yaitu menjaga situasi tetap kondusif hingga penerapan prokes ketat di tiap-tiap gereja.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar. Kami juga telah menyosialisasikan kepada para pengelolaan gereja agar para jemaat sebagai melaksanakan ibadah secara daring di rumah masing-masing, sesuai Inmendagri maupun Perwali Kota Bandar Lampung," terangnya.

3. Kapolda imbau masyarakat tak keluar rumah selama libur Nataru

Perayaan Natal 2021 di Bandar Lampung Berlangsung Aman dan DamaiPerayaan Natal di Kota Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung berjalan aman, damai, dan kondusif, Sabtu (25/12/2021) pagi. (IDN Times/Istimewa)

Saat meninjau ibadah malam Natal di Gereja Katedral Kristus Raja, Jumat (24/12/2021), Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno telah mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, terutama periode libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Ingat, COVID-19 masih ada. Apalagi varian baru Omicron dikonfirmasi sudah masuk ke Indonesia. Saya minta masyarakat Lampung berjaga, beraktivitas pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan," katanya.

Jenderal bintang dua ini mengingatkan jika Kota Bandar Lampung dinyatakan kembali masuk level dua, setelah sebelumnya sempat berada di level satu penyebaran virus COVID-19. Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Penyebaran artinya kembali ada peningkatan dan ini harus diwaspadai serta dicermati. Jaga kesehatan pakai masker, yang belum vaksin untuk segera vaksin," tandas Hendro.

Baca Juga: Tim Gegana dan Anjing Pelacak Sisir Lokasi Misa Natal di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya