Pemudik dan Kendaraan Kembali ke Jawa dari Sumatera Hampir 100 Persen

Arus balik di Lampung disebut berjalan lancar dan terkendali

Lampung Selatan, IDN Times - Trafik penumpang atau pemudik maupun kendaraan meninggalkan Pulau Sumatera menuju Jawa pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 hampir mendekati angka 100 persen.

Berdasarkan data pergerakan pemudik arus balik dari 11 April 2024 atau HH hingga 17 April 2024 atau H+7 Idul Fitri 1445 Hijriah, akumulatif realisasi produksi penumpang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera sebanyak 742.896 orang atau mencapai 89 persen, dibandingkan penumpang berangkat dari Jawa pada arus mudik H-7 - H Lebaran sebanyak 835.718 orang.

"Sebagian besar pemudik telah kembali ke Pulau Jawa. Ini sudah hampir mendekati 100 persen penumpang yang kembali dari perjalanan mudiknya," ujar Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin melalui keterangan resminya, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga: Arus Balik 2024 Pelabuhan Bakauheni Lanjut hingga Akhir Pekan Ini

1. Puluhan ribu penumpang masih padati Pelabuhan Bakauheni di H+8 Lebaran

Pemudik dan Kendaraan Kembali ke Jawa dari Sumatera Hampir 100 PersenTinjauan Menhub RI ke Lampung saat arus balik Lebaran 2024. (DOK. Pemprov Lampung).

Lebih lanjut Shelvy menyampaikan, hingga H+8 Lebaran atau 18 April 2024 terpantau trafik kendaraan roda empat tiba di Pelabuhan Bakauheni dan mengakses layanan kapal ekspress menuju Merak cukup ramai mengalir di waktu siang hingga sore hari.

Tercatat, sebanyak 86.274 orang telah menyeberang, diikuti sepeda motor sebanyak 6.499 unit, roda empat (10.719 unit). Total seluruh kendaraan pada H+8 sebanyak 20.208 unit telah menyeberang ke Merak.

"Sampai dengan kemarin di H+8, kami terus melayani para pemudik mengakses penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni, total 36 unit kapal dioperasikan," ucapnya.

2. Rute Pelabuhan Panjang - Ciwandan total layani 7 ribu pemudik

Pemudik dan Kendaraan Kembali ke Jawa dari Sumatera Hampir 100 PersenCalon penumpang makan es krim. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sedangkan pada rute penyeberangan Pelabuhan Panjang - Ciwandan, Shelvy menyampaikan, terdapat tiga unit kapal dengan total pelayanan selama periode arus balik Lebaran 2024 mencapai 16 trip pelayaran.

"Hingga berakhirnya di 18 April kemarin, Penumpang Pelabuhan Panjang tercatat 7.170 orang dan 3.296 unit kendaraan, dengan komposisi sebanyak 3.099 unit roda dua dan 197 unit roda empat," bebernya.

3. Apresiasi dukungan Pemprov Lampung dan seluruh jajaran

Pemudik dan Kendaraan Kembali ke Jawa dari Sumatera Hampir 100 PersenPotret pemudik sepeda motor di Pelabuhan Bakauheni saat arus balik Lebaran 2024. (Dok. Pemprov Lampung).

Shelvy melanjutkan, kelancaran penyeberangan arus balik Lebaran di tahun ini disebut tidak lepas dari dukungan dan sinergi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan seluruh jajaran turut aktif membantu dalam mensosialisasikan kebijakan layanan.

Alhasil, arus balik di Lampung dapat berjalan lancar, aman, dan terkendali. Termasuk sosialisasi bagi pemudik agar melakukan reservasi tiket arus balik melalui aplikasi Ferizy maksimal H-1 keberangkatan dan tiba di pelabuhan sesuai dengan jadwal tertera di tiket.

"Terima kasih kepada Provinsi Lampung yang telah banyak membantu dan bersinergi hingga arus balik penyeberangan lancar dan terkendali. Tentunya, kesuksesan dalam penyelengaraan ini merupakan pencapaian positif kita bersama dalam menghadirkan pelayanan prima kepada pemudik," pungkasnya.

4. Delaying system jadi kunci sukses penanganan arus balik di Lampung

Pemudik dan Kendaraan Kembali ke Jawa dari Sumatera Hampir 100 PersenSuasana arus mudik H-3 Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Shelvy menambahkan, konsistensi penerapan delaying system atau sistem penundaan perjalanan kembali diterapkan oleh Polda Lampung dan seluruh aparat pendukung melalui penyediaan titik zona penyangga alias buffer zone ikut menjadi kunci sukses kelancaran arus balik.

"Skema delaying system ini mampu menyeimbangkan antara kapasitas data tampung pelabuhan yang tersedia, dengan jumlah kendaraan masuk ke dalam pelabuhan," tandasnya.

Baca Juga: Dear Pemudik, Tiket Bakauheni Bisa Naik Kapal di Pelabuhan Panjang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya