Pemudik Bakal Meningkat, Kapolda Lampung Ajak Warga Mudik Lebih Awal

Siagakan 4.383 personel dan 81 posko Lebaran

Intinya Sih...

  • Kapolda Lampung ajak masyarakat mudik lebih awal karena potensi pemudik Lebaran 2024 diperkirakan meningkat 56,4% dari tahun sebelumnya.
  • Amanat Kapolri: Apel pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 untuk pengecekan kesiapan pelaksanaan dan sinergisitas TNI-Polri serta stakeholder terkait.
  • Di Provinsi Lampung, 4.383 personel akan disiagakan di 81 posko Lebaran dengan pelayanan prima, pengamanan optimal, dan pengawalan Kepolisian untuk memberikan rasa aman.

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengajak masyarakat dapat melangsungkan mudik Lebaran 2024 lebih awal dikarenakan pada tahun ini pemudik meningkat lebih pesat.

Berdasarkan survei Kemenhub Rl 2024, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat melangsungkan mudik Lebaran sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibandingkan 2023.

"Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali. Saya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal," ujarnya saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Mapolda Lampung, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Warga Bandar Lampung Pergi Mudik Lebaran 2024 Diimbau Lapor ke RT

1. Upaya pengecekan akhir kesiapan Ops Ketupat Krakatau 2024

Pemudik Bakal Meningkat, Kapolda Lampung Ajak Warga Mudik Lebih AwalApel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Melanjutkan amanat Kapolri, Helmy mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 202 sekaligus komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait.

Berdasarkan survei indikator, ia menyebut, tingkat kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibanding 2022.

"Ini wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras semua pihak yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini," imbuhnya.

2. Siagakan 4.383 personel gabungan dan 81 posko lebaran

Pemudik Bakal Meningkat, Kapolda Lampung Ajak Warga Mudik Lebih AwalApel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Di Provinsi Lampung, Helmy menyampaikan, sebanyak 4.383 personel gabungan dengan rincian 281 personel Polda Lampung, 2.126 personel Polres/ta jajaran, dan 1.976 personel stakeholder terkait bakal disiagakan selama pengamanan Operasi Ketupat Krakatau 2024.

Para personel itu juga akan disebar ke 81 posko lebaran di Lampung meliputi 1 posko terpadu, 60 posko pengamanan (Pospam), dan 20 posko pelayanan (Posyan).

"Pos-pos digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal. Kami turut memetakan terdapat 9 titik rawan bencana, 45 titik rawan kecelakaan dan 36 titik rawan kemacetan pada jalur mudik Lebaran di Lampung," ucapnya.

3. Siapkan pengawalan bagi para pemudik

Pemudik Bakal Meningkat, Kapolda Lampung Ajak Warga Mudik Lebih AwalApel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Helmy menambahkan, petugas gabungan juga sudah bersiap memberikan jaminan Kamseltibcar lantas kepada masyarakat merupakan para penggunaan jalan tol dan jalur arteri.

"Apabila masyarakat merasa khawatir terdapat gangguan kejahatan dalam perjalanannya, kami telah menyiapkan pengawalan Kepolisian untuk memberikan rasa aman," tandas jenderal bintang dua tersebut.

Baca Juga: Ratusan Personel Siap Amankan Lebaran di Bandar Lampung, Buka 9 Posko

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya