Pemilu 2024, NasDem Lampung Target 30 Persen Keterwakilan Perempuan

Siti Rahma resmi ketuai DPW Garnita NasDem Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Lampung menargetkan penuhi keterisian kursi legislatif untuk keterwakilan perempuan Pemilu 2024 sebesar 30 persen.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPW Partai NasDem Lampung, Herman HN saat menghadiri kegiatan Pelantikan Pengurus Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem Provinsi Lampung di Novotel Lampung, Kota Bandar Lampung, Sabtu (19/2/2022).

"Garnita akan kami arahkan untuk maju pada pencalonan (anggota legislatif), tapi tentu sifatnya tidak ada pemaksaan. 30 persen itu harus, kalau bisa lebih dari itu. Siap-siap saja para Garnita menjadi anggota DPR semua, sebab hak perempuan sama seperti laki-laki," ujarnya, saat dimintai keterangan.

Baca Juga: Herman HN Tegaskan SK Kepengurusan DPW NasDem Lampung Masih di DPP

1. Garnita Malahayati NasDem akan terus mendampingi permasalahan perempuan dan anak di Lampung

Pemilu 2024, NasDem Lampung Target 30 Persen Keterwakilan PerempuanPelantikan Pengurus DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Herman menyampaikan, pelantikan kepengurusan Garnita Malahayati NasDem Provinsi Lampung tersebut diharapkan dapat kian membantu dan mendampingi para kaum perempuan. Itu dalam menghadapi permasalahan hukum di Lampung.

"Bantuan hukum dari kita gratis, bukan hanya kaum perempuan tapi termasuk untuk anak-anak," kata mantan Wali Kota Bandar Lampung tersebut.

Dalam pelaksanaannya, Garnita Malahayati NasDem Lampung akan bekerjasama sama dengan organisasi Lembaga Advokasi Anak (LAdA) DAMAR Lampung. "Ini sudah saya tekankan berjalan sejak pertama kali bergabung dengan partai, sebab saya ingin bagaimana perempuan dan anak di Lampung aman dan tentram," lanjutnya.

2. Ketua terlantik bakal langsung sambangi 15 DPD kabupaten/kota

Pemilu 2024, NasDem Lampung Target 30 Persen Keterwakilan PerempuanPelantikan Pengurus DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ketua DPW Garnita Malahayati NasDem Lampung, Siti Rahma berterimakasih lantaran telah dipercaya jajaran kader DPW NasDem Provinsi Lampung untuk memimpin Garnita Lampung. Oleh karena itu, dirinya akan langsung berkonsolidasi menyambangi 15 DPD kabupaten/kota Lampung.

"Konsolidasi nantinya untuk melantik pengurus-pengurus akan dicalonkan kembali ke masing-masing kabupaten/kota, sebab di 15 kabupaten/kota beberapa masa jabatan Garnita akan segera habis," imbuh dia.

3. Garnita Lampung optimistis duduki 30 persen kursi legislatif

Pemilu 2024, NasDem Lampung Target 30 Persen Keterwakilan PerempuanPelantikan Pengurus DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Rahma memastikan, keterisian struktur pengurus perempuan di tingkatan DPW maupun DPD Partai NasDem Provinsi Lampung sudah memenuhi kapasitas 30 persen. Dengan itu, dirinya cukup optimis Garnita Lampung mampu meningkatkan geliat UMKM, sehingga dapat terus menggeliat sektor perekonomian khusus para pelaku wanita.

Oleh karena itu, cukup optimistid keterwakilan perempuan dari Partai NasDem guna mengisi kursi legislatif sebanyak 30 persen pada Pemilu 2024 bisa terpenuhi.

"Saat ini di DPR provinsi kita sudah sampai (30 persen), tapi mungkin memang di kabupaten/kota ada yang belum. Ke depan target tersebut wajib kita capai," tandas dia.

Baca Juga: Eks Bupati Tanggamus Dikabarkan ke NasDem, Ketua DPW: Belum Final

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya