Pelunasan BPIH Diperpanjang, Kloter Pertama Lampung Berangkat 23 Mei

Perpanjangan hingga 19 Mei 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) RI mengumumkan perpanjangan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler 2023 hingga Jumat (19/5/2023) pukul 15.00 WIB.

Kebijakan ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo sebagaimana tertuang dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 195 Tahun 2023 tertanggal 12 Mei 2023.

"Pada perpanjangan kali ini, jadwal pelunasan BPIH reguler dilakukan setiap hari kerja mulai 11 April sampai dengan 19 Mei 2023. Waktu pelunasan BPIH dilakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB," ujarnya saat dimintai keterangan, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: 100 Ribu ASN Kemenag Tak Profesional, Kemenag Lampung Tanggapi Positif

1. Syarat pelunasan BPIH reguler

Pelunasan BPIH Diperpanjang, Kloter Pertama Lampung Berangkat 23 MeiKepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Puji, persyaratan jamaah bisa melunasi biaya BPIH reguler yakni, berstatus cicil aktif, belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan ibadah haji paling singkat 10 tahun, dan telah berusia paling rendah 18 tahun pada 24 Mei 2023 atau sudah menikah.

"Pembayaran setoran lunas BPIH dapat dilakukan pada BPS BPIH yang sama dengan setoran awal atau BPS BPIH pengganti," ucapnya.

Ia pun mengimbau, agar seluruh jamaah dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk segera melunasi pembayaran tersebut, untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji di 2023.

"Semoga tidak ada kendala, sehingga kuota jamaah haji dari Lampung terpenuhi mulai dari saat pelunasan, pelaksanaan, dan sampai kembali lagi ke tanah air," tambah Puji.

2. Lampung terima penambahan kuota cadangan

Pelunasan BPIH Diperpanjang, Kloter Pertama Lampung Berangkat 23 MeiTerlihat kerumunan di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain perpanjangan waktu, Puji turut menambahkan, pemerintah juga menambah kuota cadangan beragam untuk tiap daerah. Termasuk bagi Provinsi Lampung sebanyak 25 persen dengan jumlah 1.763, sementara kuota jamaah sebanyak 7.050.

Atas kebijakan ini, Puji berharap seluruh elemen terkait untuk terus berkoordinasi dan memberi pelayanan terbaik kepada jamaah. Khususnya kepada pegawai Kemenag di Lampung menangani pelaksanaan ibadah haji, untuk memberikan pendampingan maksimal kepada jamaah.

"Layani jamaah dengan baik. Kedepankan prinsip jemput bola jika ada permasalahan yang dihadapi jamaah," imbuh dia.

3. Kloter pertama Lampung berangkat 23 Mei 2023

Pelunasan BPIH Diperpanjang, Kloter Pertama Lampung Berangkat 23 MeiIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Terkait tahapan selanjutnya, Puji menyebut, pihaknya akan melaksanakan pembagian kloter dan pelaksanaan manasik haji. Selain itu, saat ini sudah mulai juga dilakukan pembagian koper bagi para jamaah.

“Saat ini juga terus dilakukan penyelesaian visa biometrik. Untuk keberangkatan, kloter pertama Lampung akan berangkat pada 23 Mei 2023," ucapnya.

Disampaikan, jemaah dari Kabupaten Lampung Utara akan menjadi jamaah di kloter pertama sekaligus kloter kesembilan secara nasional. "Jamaah ini akan masuk asrama haji pada 22 Mei 2023," tandas dia.

Baca Juga: 7.634 Nama Calon Jemaah Haji 2023 Asal Lampung Berhak Lunasi Bipih

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya