Pasca Kebakaran Hebat, 263 Pedagang Pasar Bakauheni Siap Direlokasi

Relokasi ke Pasar Siring Itik

Lampung Selatan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bergerak cepat pasca terjadinya kebakaran hebat di kawasan Pasar Bakauheni. Itu dengan menyiapkan tempat relokasi kios bagi para pedagang pasar setempat.

Pasalnya, peristiwa tersebut ikut menghanguskan total sebanyak 263 kios pedagang ludes dilahap 'Si Jago Merah'.

"Kita (Pemkab) Lampung Selatan akan menyediakan tempat relokasi di Pasar Siring Itik, untuk semua pedagang yang tertimpa musibah dalam kebakaran ini," ujar Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, Rabu (4/8/2021).

1. Relokasi pasar segera dirampungkan

Pasca Kebakaran Hebat, 263 Pedagang Pasar Bakauheni Siap DirelokasiBupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengunjungi lokasi Pasar Bakauheni (IDN Times/Istimewa)

Nanang melanjutkan, upaya relokasi tersebut harus segera dilakukan, agar para pedagang bisa kembali berjualan setelah kios masing-masing miliknya ludes terbakar.

Maka dari itu, Nanang beserta jajaran juga sudah langsung meninjau Pasar Siring Itik, guna menyiapkan segala kebutuhan relokasi pasar tersebut.

"Sudah kita lakukan peninjauan dan relokasi akan kita segerakan bisa cepat rampung," kata dia.

2. Lokasi relokasi jauh lebih nyaman

Pasca Kebakaran Hebat, 263 Pedagang Pasar Bakauheni Siap DirelokasiBupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengunjungi lokasi Pasar Bakauheni (IDN Times/Istimewa)

Opsi relokasi tersebut cukup efisien, mengingat lokasi antara kedua pasar masih berada di satu desa dengan kurang lebih hanya berjarak sekitar 2 kilometer.

Selain itu, Nanang juga menyebut, bahwa lokasi Pasar Siring Itik nantinya bisa lebih nyaman untuk pedagang maupun pembeli. Itu dikarenakan area parkir pasar cukup luas.

"Jadi aktivitas pasar nantinya tidak bakal menggangu pengguna jalan raya, dan tidak rawan kecelakaan," katanya.

3. Sudah beri instruksi khusus dinas perdagangan

Pasca Kebakaran Hebat, 263 Pedagang Pasar Bakauheni Siap DirelokasiLokasi Pasar Bakauheni (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaannya, politisi PDI Perjuangan ini juga telah memberi instruksi secara khusus kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Lampung Selatan. Itu guna memprioritaskan program relokasi Pasar Bakauheni bagi para korban kebakaran ini.

"Jadi Pak Yusri (Kadis Perdagangan) dan pak camat juga harus beritahu pedagang, kalau pemerintah daerah menyediakan tempat untuk mereka kembali berusaha,” tandas Nanang.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya