Pasca Jokowi Cek Jalan, Gubernur Lampung: Laporkan Kendaraan Odol

Ajak masyarakat jaga jalan

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kembali mengajak masyarakat sama-sama menjaga keberadaan ruas-ruas jalan telah mengalami preservasi rekonstruksi alias perbaikan tersebar di provinsi setempat.

Arinal mengatakan, perbaikan ruas jalan tersebut di beberapa titik sudah rampung dan sebagai masih dalam pengerjaan, dengan menggunakan jenis pengerasan beton (rigid pavement) dengan ketebalan 30 Cm.

"Semoga jalannya bermanfaat untuk warga, tapi saya minta, agar jalannya bisa bertahan lama tolong masyarakat turut menjaga," ujarnya, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga: Modus Beri Keuntungan Proyek, PNS di Lampung Tipu Korban Rp400 Juta

1. Ingatkan kendaraan tak angkut muatan berlebih

Pasca Jokowi Cek Jalan, Gubernur Lampung: Laporkan Kendaraan OdolKondisi jalan rusak parah ruas Jalan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Arinal meminta masyarakat mau menegur atau melaporkan penggunaan kendaraan dengan muatan berlebih atau over dimensi over loading (Odol) kepada pihak berwenang.

"Tegur dan laporkan kendaraan dengan muatan berlebih. Lebih baik angkutnya berkali-kali tapi jalannya tetap bagus," ucap Gubernur.

2. Pengerjaan ditarget serentak selesai Desember 2023

Pasca Jokowi Cek Jalan, Gubernur Lampung: Laporkan Kendaraan OdolPekerja perbaikan jalan di Desa Rama Nirwana, Seputih Raman. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pascamendampingi kunjungan kerja Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengecek proses perbaikan jalan, Jumat (27/10/2023) kemarin, Arinal kembali memastikan pengerjaan perbaikan ruas jalan tersebut ditargetkan serentak selesai pada Desember 2023.

Ia pun berharap, seiring penyelesaian pengerjaan perbaikan ruas-ruas jalan tersebut dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, menggerakan roda perekonomian, dan menopang ketahanan pangan nasional.

"Termasuk nantinya, akses jalan bisa menjadi mendukung kawasan-kawasan budidaya udang Bratasena," tandasnya.

3. Jokowi yakin jalan awet menahun

Pasca Jokowi Cek Jalan, Gubernur Lampung: Laporkan Kendaraan OdolKondisi jalan terkini di Desa Rama Nirwana, Seputih Raman. (IDN Times/Tama Yudha wiguna)

Dalam kunjungannya kemarin, Presiden Jokowi memastikan kondisi jalan di ruas Rumbia, Lampung Tengah sudah amat baik alias mulus dengan menggunakan spesifikasi beton rigid setinggi 30 Cm.

"Semuanya sudah mulus, tadi di dalam mobil bisa tidur mulus bener, kalau sekarang ini mulus bener. Jadi saya rasa ini awet selama beberapa puluh tahun," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Eks Kapolda Lampung Didapuk Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya