Operasi Zebra Krakatau 2021, Polisi Bakal Tilang Pengendara?

Kerahkan 645 personel Polri dibantu 548 anggota TNI

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Krakatau 2021 di Lapangan Mapolda Lampung Itera, Kota Bandar Lampung, Senin (15/11/2021). Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno menyatakan, jajaran kepolisian lebih mengedepankan tertib lalu lintas dan tak mengutamakan langkah hukum atau penilangan.

Hendro mengatakan, langkah penilangan sejatinya dilakukan bila pengendara kedapatan melakukan pelanggaran berat di tengah pelaksanaan Ops Zebra Krakatau 2021.

"Utamakan tindakan preventif dan preemtif. Mungkin ada satu dua itu kasusnya, dalam arti pelanggaran sudah tidak bisa di tolerir dan kita lihat dulu kasusnya," ujar dia.

1. Kerahkan 645 personel Polri dibantu 548 anggota TNI dan instansi terkait

Operasi Zebra Krakatau 2021, Polisi Bakal Tilang Pengendara?Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Krakatau 2021 Polda Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaan operasi ini, Polda Lampung mengerahkan sebanyak 645 personel Polri dibantu 548 anggota TNI dan instansi terkait. Itu terhitung selama 14 hari ke depan atau tepatnya dari 15-28 November 2021 mendatang.

Hendro menyampaikan, tiap petugas juga diminta memberikan edukasi mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas (Kamseltibcarlantas). Selaian itu, harus masing-masing individu juga diminta ikut serta berperan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Melalui Operasi Zebra Krakatau 2021, kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalulintas dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap menjelang Natal dan Tahun Baru 2021," ungkapnya.

2. ETLE bergulir normal

Operasi Zebra Krakatau 2021, Polisi Bakal Tilang Pengendara?Kamera ETLE, Jumat (26/2/2021). IDN Times/Tama Wiguna

Kapolda juga menegaskan, bagi anggota bertugas untuk selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan selama melaksanakan tugas Operasi Zebra Krakatau 2021.

Selain itu, untuk penilangan melalui kamera Electronic Traffic law Enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah titik lampung merah di ruas jalan protokol Kota Bandar Lampung, tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Ciptakan rasa aman, petugas tetap bakal melakukan penilangan sesuai prosedurnya," imbuh jenderal bintang dua tersebut.

3. Perketat penjagaan di ruas jalan rawan kemacetan

Operasi Zebra Krakatau 2021, Polisi Bakal Tilang Pengendara?Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Krakatau 2021 Polda Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Terkait pelaksanaan lalu lintas di wilayah hukum Kota Bandar Lampung, Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP M. Rohmawan mengatakan, pihaknya telah merencanakan operasi di sejumlah jalan-jalan utama Kota Tapis Berseri.

Ia menyebut pihaknya telah menyiapkan total 68 personil khusus guna mengawal pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2021.

"Kita akan fokuskan pada 3 titik rawan kemacetan di Bandar Lampung, seperti Jalan Raden Intan, Jalan RA Kartini, dan Jalan Jendral Sudirman," tandas Rohmawan.

Baca Juga: Operasi Zebra Krakatau 15-28 November, Daftar Sanksi Pelanggar Aturan 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya