ODGJ PNS Dishub Bandar Lampung Alami Gangguan Mental Sejak 2019 

Keluarga disebut dinas sempat ajukan pensiun dini

Bandar Lampung, IDN Times - Azwar Sani, pria ODGJ ditemukan terdampar di Cilegon dan berstatus sebagai PNS di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandar Lampung telah menjalani perawatan dan pengobatan gangguan mental sejak 2019 lalu.

Sekretaris Dishub Kota Bandar Lampung, Lenny Widyawati mengatakan, organisasi perangkat daerah (OPD) setempat sejatinya telah mendorong pihak keluarga, agar Azwar Sani menjalani pengobatan jauh sebelum unggahan video tersebut ramai alias viral di media sosial (Medsos).

"Informasi yang kami ketahui sudah lumayan lama (Azwar Sani mengalami gangguan mental). Itu sudah dirawat sejak 2019 sampai sekarang," ujarnya dikonfirmasi, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga: Viral! Pria ODJG Status PNS Dishub Bandar Lampung Terdampar di Cilegon

1. Keluarga telah berupaya mengobati Azwar Sani, hingga ajukan pensiun dini

ODGJ PNS Dishub Bandar Lampung Alami Gangguan Mental Sejak 2019 Sekertaris Dishub Kota Bandar Lampung, Lenny Widyawati. (IDN Times/Istimewa).

Dikatakan Lenny, berdasarkan keterangan sang adik kandung, sejatinya pihak keluarga selama ini juga telah berusaha mengupayakan pengobatan Azwar Sani, dengan mendatangi sejumlah tempat hingga menjalani berbagai macam pengobatan.

Kendati demikian, gangguan mental dialami pria kini berkepala plontos tersebut tak kunjung pulih. Alhasil, pihak keluarga akhirnya memilih mengambil keputusan pengajuan pensiun dini bagi Azwar Sani pada beberapa tahun silam.

"Sebenarnya pengajuan sudah lama diupayakan, tapi karena ada aturan-aturan terikat dengan pensiun dini PNS, itu jadi sempat terhalang karena belum waktunya tapi sekarang mudah-mudahan sudah masuk untuk persyaratan pengajuan pensiun dini beliau," jelasnya.

2. Sudah kembali ke keluarga

ODGJ PNS Dishub Bandar Lampung Alami Gangguan Mental Sejak 2019 Tangkap layar video temuan Azwar Sani. (Instagram/@datikasa_official).

Pascaunggahan video viral tersebut, Lenny mengatakan, sukarelawan menemukannya di Cilegon tersebut membantu Azwar Sani kembali bertemu dengan keluarganya di Rajabasa, Bandar Lampung pada 15 April 2024 lalu.

"Di 16 April pagi, beliau (Azwar Sani) sudah kembali diantar ke Mitra Sehat tempat selama ini pak Sani dirawat," ucap dia.

3. Kembali jalani pengobatan

ODGJ PNS Dishub Bandar Lampung Alami Gangguan Mental Sejak 2019 Ilustrasi perawat di fasilitas kesehatan (ANTARA FOTO/Auliya Rahman)

Sebagai upaya tindak lanjut, Lenny menambahkan, pihaknya melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) telah menengok dan melihat langsung kondisi terkini Azwar Sani menjalani perawatan.

"Alhamdulillah juga tadi sudah bertemu langsung dengan yang bersangkutan (Azwar Sani)," tandasnya.

Baca Juga: Dishub Bandar Lampung Klaim Arus Balik Lancar, Dampak Libur Panjang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya