Nakes di Tulang Bawang Meninggal saat Tugas Jaga Posko Lebaran 2024

Sempat keluhkan sakit di dada

Intinya Sih...

  • Tenaga kesehatan di Kabupaten Tulang Bawang meninggal saat memberikan pelayanan kepada pemudik dalam Operasi Ketupat Krakatau 2024.
  • Antonius Ripto Basuki mengeluh sakit dada, jatuh dari kursi, dan akhirnya meninggal dunia setibanya di rumah sakit.
  • Korban memiliki riwayat hipertensi, dan jenazahnya telah diantarkan ke rumah duka oleh pihak berwenang.

Tulang Bawang, IDN Times - Seorang tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Tulang Bawang meninggal dunia saat menjalankan tugas memberikan pelayanan kepada pemudik dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024.

Nakes itu bernama Antonius Ripto Basuki (52), seorang PNS Puskesmas Bogatama warga Jalan Lawu Kampung Bogatama, Kecamatan Penawartama, Tulang Bawang.

"Iya, dari laporan Polres Tulang Bawang, tenaga kesehatan atas nama Antonius Ripto Basuki yang bertugas di Pos Pelayanan rest area 208 Tol Terpeka meninggal dunia," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik dikonfirmasi, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Satwa dan Kebun Binatang di Lampung!

1. Sempat mengeluh sakit dada

Nakes di Tulang Bawang Meninggal saat Tugas Jaga Posko Lebaran 2024ilustrasi henti jantung (pexels.com/freestocks.org)

Dari laporan tersebut, Umi menyampaikan, peristiwa ini dialami Antonius saat melaksanakan piket sebagai tenaga kesehatan didampingi oleh sang anak inisal VI di pos pelayanan berada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rest area Km208 A, Senin (15/4/2024).

Mulanya sekitar pukul 11.00 WIB, Antonius mengeluh sakit dada kepada sang anal dan ia akhirnya memutuskan untuk mengerik badannya sendiri. Tiga jam berselang, Antonius minta dibuat segelas teh hangat kepada penjualan di rest area setempat.

"Setelah sampai di ruang nakes dan duduk, tidak berapa lama yang bersangkutan jatuh dari kursi dan dari mulutnya mengeluarkan busa," ungkap kabid humas.

2. Punya riwayat penyakit darah tinggi

Nakes di Tulang Bawang Meninggal saat Tugas Jaga Posko Lebaran 2024Jenazah Antonius Ripto Basuki (52), Nakes di Kabupaten Tulang Bawang meninggal dunia disemayamkan di rumah duka. (Dok. Polda Lampung).

Terkait kondisi tersebut, Umi melanjutkan, anak Antonius ikut mendampingi sang ayah bekerja langsung melaporkan insiden itu kepada anggota Polres Tulang Bawang juga tengah bertugas bersama di rest area Km208 A.

Alhasil, personel Polres itu langsung bergegas ke ruang Nakes dan menemukan Antonius sudah dalam keadaan menggigit lidah, hingga segera dibawa ke RS Mutiara Bunda terletak di Unit 2 Kecamatan Banjar Agung.

"Yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia setibanya di RS Mutiara Bunda. Menurut keterangan Kepala Puskesmas Bogatama, saudara Antonius memiliki riwayat hipertensi (darah tinggi)," ucapnya.

3. Jenazah telah diserahkan ke pihak keluarga

Nakes di Tulang Bawang Meninggal saat Tugas Jaga Posko Lebaran 2024Ilustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Umi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat dan mengantarkan jenazah Antonius ke rumah duka.

"Kami Polda Lampung menyampaikan turut berduka cita setinggi-tingginya kepada keluarga ditinggalkan, semoga selalu diberikan ketabahan dan kekuatan," tandasnya.

Baca Juga: Penyeberangan Panjang-Ciwandan Favorit Pemudik Motor, Ini Alasannya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya