Modus Nasi Bungkus, Pemuda Selundupkan Ganja ke Lapas Metro

Barang bukti ganja 20 gram

Metro, IDN Times - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Metro menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis ganja ke dalam Lapas, Sabtu (26/6/2021) sekitar pukul 09.10 WIB.

Penyelundupan itu, dilakukan pelaku NF (19), warga Kelurahan Yosomulya, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro. Modusnya nasi bungkus untuk temannya seorang warga binaan berinisial EF (21), narapidana kasus narkotika hukuman 2 tahun 6 bulan.

"Kemarin kita didapati seorang pengunjung ingin menyelundupkan barang terlarang jenis ganja dimasukan ke dalam nasi yang dibungkus plastik bening, lebih kurang jumlahnya sekitar 20 gram," ujar Kepala Lapas Kelas IIA Metro, Muchamad Mulyana, Senin (28/6/2021).

1. Barang bukti didapati di ruang penitipan makanan Lapas Metro

Modus Nasi Bungkus, Pemuda Selundupkan Ganja ke Lapas MetroPelundupkan ganja ke dalam Lapas Metro dengan modus nasi bungkus (IDN Times/Istimewa)

Mulyana menjelaskan, memang sejatinya selama pandemik COVID-19 Lapas Kelas IIA Metro tidak memberlakukan kunjungan tatap muka dan hanya menerima layanan berupa penitipan makanan.

Sehingga, ia memerintahkan petugas untuk lebih teliti terhadap kemungkinan-kemungkinan, termasuk upaya penyelundupan melalui makanan yang dibawa para pengunjung.

"Benar saja, upaya penyelundupan ini didapati salah satu petugas kita saat makanan masih berada di Ruang Penitipan Makanan Lapas Metro," ucap Mulyana.

Baca Juga: Update COVID-19 di Lapas Kelas IA Bandar Lampung, 65 Napi Positif 

2. Tekankan petugas Lapas lebih waspada

Modus Nasi Bungkus, Pemuda Selundupkan Ganja ke Lapas MetroLapas Kelas I Bandar Lampung menggelar razia, dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (IDN Times/Istimewa)

Atas temuan tersebut, Mulyana menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Metro, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, ia juga memberikan arahan dan menekankan kepada seluruh petugas, agar lebih waspada dan konsisten dalam menjalankan setiap tugasnya.

"Kita akan terus bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba, termasuk di dalam Lapas dan ini masih akan didalami kembali. Penggeledahan seperti ini, perlu dilakukan dengan teliti," pungkasnya.

3. Berawal dari gerak-gerik mencurigakan

Modus Nasi Bungkus, Pemuda Selundupkan Ganja ke Lapas MetroPelundupkan ganja ke dalam Lapas Metro dengan modus nasi bungkus (IDN Times/Istimewa)

Yuliana, petugas yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan itu menuturkan, curiga saat melihat gerak-gerik pengunjung NF.

Ia pun memeriksa dengan teliti satu per satu barang bawaan pelaku. Hasilnya, ditemukan barang terlarang tersebut di dalam 2 (dua) bungkus nasi.

"Sesuai SOP, petugas memeriksa semua barang bawaan pengunjung yang ingin menitipkan, tapi memang kami sudah curiga," terang dia.

4. Kecurigaan kian kuat saat ditanya petugas

Modus Nasi Bungkus, Pemuda Selundupkan Ganja ke Lapas Metroakuratnews.com

Selain Yuliana, Nur Aliah petugas yang ikut melakukan pemeriksaan juga mengungkap hal serupa.

Menurutnya, sejak awal sudah sangat curiga saat pengunjung itu ditanyakan petugas barang titipan atau makanan tersebut hendak diberikan kepada siapa.

"Kecurigaan kami benar-benar terbukti, terdapat barang terlarang yang ingin diselendupkan," tandas dia.

Baca Juga: Napi Lapas Kelas IA Bandar Lampung Kendalikan Peredaran 7 Kg Sabu

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya