Misa Malam Natal 2022 di Lampung, Gubernur Sebut Situasi Aman Kondusif

Kapolda jamin keamanan umat Nasrani

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda kunjungi beberapa gereja di Kota Bandar Lampung. Kegiatan itu guna menyapa umat Nasrani melaksanakan Misa Malam Natal 2022.

Menurut Arinal, persiapan menyambut Hari Raya Natal secara umum di Provinsi Lampung sejauh ini sudah cukup baik. Terlebih semua pihak saling menjaga keamanan dan kenyamanan.

"Kami bersama pak Kapolda dan TNI beserta jajarannya, sengaja menyapa gereja-gereja, kita menginginkan situasi yang damai, situasi yang tanpa ada hal-hal tidak diinginkan," ujarnya usai melaksanakan kunjungan, Sabtu (24/10/2022).

Baca Juga: Ibadah Natal 2022, 4.691 Personel Siap Amankan 1.018 Gereja di Lampung

1. Gubernur jamin Misa Malam Natal di Lampung berlangsung aman dan kondusif

Misa Malam Natal 2022 di Lampung, Gubernur Sebut Situasi Aman KondusifGubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda melakukan kunjungan ke beberapa lokasi Gereja di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam pelaksanaan kunjung tersebut, Gubernur Lampung didampingi tim gabungan memulai titik keberangkatan dari Mapolresta Bandar Lampung. Rombongan mulanya menyambangi GPIB Marturia Bambu Kuning, dilanjutkan menuju Gereja Katedral Tanjungkarang. Lalu mengecek kondisi Pos Pam Ramayana Operasi Lilin Krakatau dan Gereja Methodist Imanuel.

Dalam peninjauannya itu, Arinal pun menyimpulkan pelaksanaan Misa Malam Natal di Provinsi Lampung dalam keadaan aman dan kondusif.

"Terima kasih ini sudah berjalan dengan bagus. Kita buktikan, bahwa kita bisa menjalankan tugas dan mengamankan malam Natal ini dengan baik. Ini merupakan perwujudan bangsa Indonesia, kita boleh berbeda agama tapi tetap satu kesatuan," imbuhnya.

2. Kondusifitas diharapkan berlangsung hingga malam Tahun Baru

Misa Malam Natal 2022 di Lampung, Gubernur Sebut Situasi Aman KondusifGubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda melakukan kunjungan ke beberapa lokasi Gereja di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pernyataan senada turut disampaikan Kapolda Lampung, Irjen Pol Akhmad Wiyagus, menurutnya, keamanan dan kenyamanan kegiatan peribadatan umat Nasrani semalam merupakan wujud koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak, termasuk Forkopimda.

Oleh karenanya, ia pun menjamin rangkaian kegiatan Hari Raya Natal pada tahun ini bakal berlangsung aman, nyaman, dan kondusif sesuai harapan semua pihak.

"Sampai saat ini situasi aman dan kondusif. Harapan kita sampai dengan tahun baru tetap aman, dan berjalan dengan baik," ungkap jenderal bintang dua tersebut.

3. Belum terima laporan ancaman tindak pidana

Misa Malam Natal 2022 di Lampung, Gubernur Sebut Situasi Aman KondusifIlustrasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Bukan cuma sekadar di ibukota provinsi, Wiyagus turut menyampaikan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait ancaman tindak pidana di kabupaten/kota se-Lampung lainnya.

"Kami pastikan pelaksanaan aman dan kondusif," tandas Kapolda.

Baca Juga: Polda Lampung Bentuk Tim Atensi Ancaman Geng Motor Selama Libur Nataru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya