Menteri Sandiaga Uno Ingatkan Potensi Besar Kopi Robusta Lampung

Salah satu terbaik di dunia dan memiliki potensi pasar besar

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan komoditas kopi robusta Lampung merupakan salah satu terbaik di dunia dan memiliki potensi pasar sangat luas di mancanegara.

Potensi itu diungkapkan 'Papa Online', sebutan Sandiaga Uno, seiring meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap menu Ice Coffe mulai marak digemari berbagai kalangan di sejumlah daerah.

"Produk kopi Lampung adalah salah terbaik di dunia, Mereka (pasar kopi) bergantung pada biji-biji robusta terbaik dan biji robusta terbaik itu ada di Lampung," ujar Sandiaga saat membuka acara 'Apresiasi Kreasi Indonesia 2021' di Mall Boemi Kedaton (MBK), Kota Bandar Lampung, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: Kesan Sandiaga Uno Tinjau Desa Wisata Rigis Jaya Lampung Barat

1. Provinsi Lampung diuntungkan letak geografis dinilai sangat strategis

Menteri Sandiaga Uno Ingatkan Potensi Besar Kopi Robusta LampungMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan komoditas kopi robusta Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Selaras tingginya pasar kopi robusta Lampung, Sandiaga pun berharap agar masyarakat daerah setempat mampu mengambil peluang terhadap potensi besar tersebut. Itu guna bersaing dengan pasar asing serta menciptakan banyak lapangan kerja.

"Kalian harus bisa mengambil potensi ini. Sebab peluang kopi robusta bukan saja menguntungkan para petani kopi, tapi juga para usaha ekonomi kreatif di Lampung," imbuhnya.

Bukan hanya kopi, Sandiaga turut mengingatkan Provinsi Lampung juga memiliki kekuatan besar dari segi pariwisata. Itu turut didukung letak geografis dinilai sangat strategis, lantaran menjadi pintu gerbang penghubung Pulau Sumatera dan Jawa. "Lampung khususnya Bandar Lampung harus bisa menjadi pusat ekonomi kreatif," sambung dia.

2. Menparekraf dukung percepatan BHC

Menteri Sandiaga Uno Ingatkan Potensi Besar Kopi Robusta LampungMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan komoditas kopi robusta Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai salah satu bentuk dukungan Kemenparekraf terhadap keberlangsungan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Lampung, Sandiaga berkomitmen akan mendorong percepatan pembangunan Bakauheni Harbour City (BHC), yang bakal mulai dikerjakan dalam waktu dekat.

"Bersama BUMN lainnya, kita berhasil menjaring para banyak investor untuk berinvestasi di Harbour City. Tapi terpenting, bagaimana kita bisa penciptaan lapangan kerja lebih banyak melalui ekonomi kreatif," imbuh dia.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ikut meminta pemerintah daerah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, untuk memanfaatkan para pegiat influencer untuk mendorong digitalisasi ekonomi kreatif di Lampung. "Bagaimana produk-produk ekonomi itu bisa kita sinergikan dan lebih meningkatkan penjualan omzet produk mereka," tambah Sandiaga.

3. Kegiatan upaya percepatan pertumbuhan

Menteri Sandiaga Uno Ingatkan Potensi Besar Kopi Robusta LampungMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan komoditas kopi robusta Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Melalui kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia, Sandiaga menyebut pihaknya turut berupaya untuk mendorong UMKM kreatif di Indonesia, khususnya Provinsi Lampung untuk naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, karena UMKM merupakan pilar kebangkitan ekonomi nasional, sebagaimana yang telah disampaikan oleh bapak Presiden Jokowi," tuturnya.

Sebagai informasi, Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Lampung saat ini adalah hasil kurasi beberapa kabupaten/kota. Total terdiri dari 31 peserta terseleksi dari 4251 pendaftar dari sub sektor Kuliner, Kriya, Fesyen, Musik, dan lain-lainnya. Kegiatan juga akan dilaksanakan selama 4 hari atau Selasa (26/10/2021).

"Saya ucapkan selamat atas penyelenggaraan bootcamp dan
pameran Apresiasi Kreasi Indonesia di Kota Bandar Lampung. Saya yakin, semuanya akan bangkit dan bisa melewatinya dengan cara yang kreatif," tandas dia.

Baca Juga: Fakta Kopi Robusta Lampung, Ternyata Sudah Ada Sejak Abad 19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya