Mengenal Tourist Police Disiapkan Khusus WSL Krui Pro 2024

Fasilitas komunikasi para peserta hingga wisatawan asing

Intinya Sih...

  • Polres Pesisir Barat dan Polda Lampung bentuk unit "Tourist Police" untuk WSL Krui Pro 2024
  • Tugas utama Tourist Police adalah memberikan pelayanan komunikasi kepada peserta dan wisatawan asing
  • 12 personel dan dua perwira dilatih bahasa Inggris intensif, guna memfasilitasi komunikasi dengan wisatawan asing

Lampung Barat, IDN Times - Polres Pesisir Barat dan Polda Lampung membentuk unit khusus "Tourist Police" dalam rangka mengakomodasi dan menangani problematik menyambut pelaksanaan ajang surfing internasional World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, penempatan personel Tourist Police tersebut ditugaskan memberikan pelayanan, khususnya di bidang komunikasi kepada para peserta hingga penyelenggaraan datang dari mancanegara.

"Polisi turis akan bertanggung jawab atas pengawasan dan pengamanan turis yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, baik itu latihan maupun kompetisi," katanya, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga: Persiapan WSL Krui Pro 2024 Capai 80 Persen, Peselancar Mulai Datang

1. Bakal fasilitasi komunikasi peserta hingga wisatawan asing

Mengenal Tourist Police Disiapkan Khusus WSL Krui Pro 2024Personel Tourist Police bakal ditempatkan selama ajang surfing internasional WSL Krui Pro 2024. (Dok. Polda Lampung).

Umi menjelaskan, kegiatan WSL Krui Pro tahun ini bakal dilaksanakan dan diikuti ratusan peselancar profesional dari mancanegara. Mereka bakal berkompetisi di sejumlah titik sepanjang Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat.

Oleh sebabnya berkaca dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, keberadaan Tourist Police disiapkan guna menfasilitasi komunikasi menjadi kendala utama para penyelenggara, peserta, hingga wisatawan asing.

"Polisi Turis dilengkapi dengan personel-personel yang terpilih dan terlatih dalam komunikasi berbagai bahasa asing," imbuhnya.

2. Ikuti pelatihan bahasa Inggris dipandu tutor asal Australia

Mengenal Tourist Police Disiapkan Khusus WSL Krui Pro 2024Personel Tourist Police bakal ditempatkan selama ajang surfing internasional WSL Krui Pro 2024. (Dok. Polda Lampung).

Lebih lanjut Umi menyampaikan, para anggota unit khusus ini telah menjalani pelatihan bahasa Inggris secara intensif, dengan dipandu oleh penutur asli dari Australia sebagai bagian dari persiapan.

Sehingga para turis dapat terlayani menerima bantuan dan informasi dengan cepat dan akurat, tanpa hambatan bahasa dari petugas keamanan setempat.

"Unit Polisi Turis ini terdiri dari 12 personel dan dua perwira. Mereka akan ditempatkan menyebar di berbagai lokasi strategis di sekitar area perlombaan," katanya.

3. Bakal kenakan seragam khusus

Mengenal Tourist Police Disiapkan Khusus WSL Krui Pro 2024Persiapan WSL Krui Pro 2024 (Dok. Humas Pesisirbarat)

Umi menambahkan, selama bertugas para polisi turis ini bakal mengedepankan komunikasi ramah dan profesional tanpa mengenakan seragam resmi Polri. Melainkan seragam Tourist Police dirancang khusus dan lebih bersahabat.

Pemakaian seragam khusus tersebut, agar para peserta, penyelenggara, hingga wisatawan asing dapat lebih mudah mengenali dan mengakses bantuan personel Tourist Police.

"Dengan seragam yang mudah dikenali, turis akan merasa lebih nyaman dan aman untuk mendekati dan meminta bantuan kapan pun diperlukan," tandas eks Kapolres Metro tersebut.

Baca Juga: Cerita Warga Krui Antusias Sambut Event Surfing Internasional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya