Mendag Zulkifli Hasan Titip Keponakan Lulus FK Unila ke Karomani

Keponakan Mendag disampaikan Ary Meizari

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan disebut ikut menitipkan keponakan untuk lulus dan diterima masuk Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) melalui Rektor nonaktif, Prof Karomani.

Fakta itu terungkap saat Karomani menjadi salah satu saksi untuk terdakwa suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila Jalur Mandiri 2022, Andi Desfiandi di Ruang Bagir Manan, Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Tanjungkarang, Rabu (30/11/2022).

Lobi-lobi Zulkifli kepada Karomani tersebut diungkap JPU KPK, kala menampilkan barang bukti dalam BAP Poin 11 berupa catatan 23 nama mahasiswa titipan dari orang kepercayaan Mualimin dan Budi Sutomo.

"Di BAP anda ada nama Zaki AlGhifari dalam kurung Zulkifli, siapa Zulkifli yang anda maksud?" tanya salah satu tim JPU KPK.

"Zulkifli Hasan, pak menteri," jawab Karomani.

JPU pun kembali bertanya kepada saksi Karomani. "Bagaimana anda yakin Zaki AlGhifari itu titipan pak Zulkifli Hasan?" kata JPU.

"Iya saksi Ari (Meizari) waktu itu bilang ini keponakan pak Zulkifli tolong dibantu," jawab Karomani.

Lalu, JPU kembali bertanya apakah titipan Zulkifli memberikan titipan uang agar diluluskan.

Saksi Karomani pun menjawab dan menegaskan tak pernah bicara soal uang untuk masuk Unila.

"Kalau kaitannya dengan infaq, ada," ucap saksi Karomani.

"Bukan suap infaq tidaknya, tapi penerima mahasiswa berkaitan dengan uang yang diberikan ada atau tidak," cecar JPU.

Karomani pun berdalih tidak tahu-menahu ihwal rincian uang dimaksud JP. Ia menyebutkan itu telah diserahkan kepada Mualimin dan Budi Sutomo.

"Saya tidak tahu uangnya berapa, sebab infaqnya waktu itu masih di tangan Mualimin. Tapi yang jelas, penerimaan harus tetap sesuai passing grade," ucapnya.

Dalam persidangan lanjutan terdakwa Andi Desfiandi, diketahui JPU KPK menghadirkan 4 saksi, mereka adalah Rektor Unila nonaktif, Prof Karomani; Dekan Fakultas Teknik Unila, Helmy Fitriawan; Ketua Apindo sekaligus adik terdakwa Andi, Ary Meizari; dan Dosen Unila, Mualimin.

Baca Juga: Daftar 23 Mahasiswa FK Unila Jalur Suap, Seret Anggota DPR dan Mendag

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya