Libur Nataru 2022, Pengelola Tol di Lampung Siap Sambut Pemudik

Tol ruas Terpeka sediakan 9 rest area dan 267 toilet

Tulang Bawang, IDN Times - PT Hutama Karya menjamin Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) siap dilalui para pemudik periodd arus angkutan libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Provinsi Lampung. Selama periode tersebut diprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan. 

Branch Manager Tol ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayuagung (Terpeka) Yoni Satyo mengatakan, para pemudik kini sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Kota Palembang, Sumatera Selatan melalui JTTS.

"Tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar (Bakter) dan Tol Terpeka sudah kami siapkan sepanjang kurang lebih 365 kilometer," ujarnya saat dimintai keterangan, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Bak Film Ghost Rider, Truk Terbakar Tetap Melaju di Tol Bakter Lampung

1. Tol ruas Terpeka dilengkapi 9 rest area, SPBU hingga 267 toilet

Libur Nataru 2022, Pengelola Tol di Lampung Siap Sambut PemudikHK menerapkan sistem contraflow atau pengalihan jalur terhitung mulai 6 Agustus 2022 di JTTS KM 252+600 hingga KM 254+200. (IDN Times/Istimewa)

Terkait berbagai persiapan telah dilakukan, Yoni menyampaikan, pihaknya telah melengkapi jalan tol ruas Terpeka dengan 9 titik rest area, juga dilengkapi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), lokasi parkir, masjid, toilet, minimarket, restauran dan tenant-tenant lainnya,

“Tol Terpeka menjamin kebutuhan para pemudik selama di perjalanan. Kami juga sudah menambah kapasitas toilet rest area sebanyak 267 toilet, khusus di momen Nataru tahun ini,” kata dia.

2. Pemudik diimbau tetap patuhi ketentuan dan tata tertib berlaku

Libur Nataru 2022, Pengelola Tol di Lampung Siap Sambut PemudikHutama Karya telah menyiapkan beberapa skema bila terjadi kepadatan arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April dan puncak arus balik pada 7-8 Mei. (Dok. HK).

Untuk kondisi lalu lintas terkini, Yoni menyebutkan, Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib berlaku di jalan tol. Salah satunya menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE), hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps dimiliki Hutama Karya, di mana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga melakukan Top up saldo UE," terangnya.

Selain itu, pihaknya turut meminta kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum, itu sesuai dipersyaratkan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Kemudian segera beristirahat di rest area bila merasa mengantuk, serta selalu mematuhi prokes berlaku selama di perjalanan.

"Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan ada di jalan tol maupun rest area, agar segera melapor ke call centre masing-masing cabang tol," sambung Yoni.

3. Polisi siap layani pemudik

Libur Nataru 2022, Pengelola Tol di Lampung Siap Sambut PemudikPT Hutama Karya (Persero) pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar melakukan operasi microsleep Maret ini. (Dok. Hutama Karya).

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Lampung, AKBP Sugeng Widodo turut memastikan, kepolisian daerah akan tetap siaga dalam mengawal dan melayani para pemudik hendak lalu lalang di wilayah hukum Polda Lampung.

“Kita harus selalu siap dalam melayani pemudik Nataru ini, agar arus lalu lintas Nataru ini berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Baca Juga: Viral! Pemotor Tanpa Nopol dan Helm Masuk Tol Lampung Ruas Bakter

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya