Lampung Dapat Tambahan Vaksin Sinovac Tahap II, Ini Jumlahnya

Vaksin dikawal Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Lampung kembali mendapatkan tambahan vaksin COVID-19 Sinovac dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 20 vial atau 200 dosis, Senin (26/4/2021) malam.

Kasi Obat Perbekalan kesehatan UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Kesehatan Dinkes Provinsi Lampung, Kurota Aini, mengatakan, vaksin tersebut merupakan tambahan alokasi vaksin tahap II untuk wilayah Provinsi Lampung.

"Rencana itu buat buffer atau stok Provinsi, sebab mereka juga sudah melakukan koordinasi untuk tenaga pelayan publik atau perangkat daerah,"ucap Aini, Selasa (27/4/2021) 

1. Vaksinasi tahap II akan berlangsung hingga Juli 2021

Lampung Dapat Tambahan Vaksin Sinovac Tahap II, Ini JumlahnyaDinas Kesehatan Provinsi Lampung mendistribusikan vaksin COVID-19 Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (12/1/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Aini melanjutkan, menurut rencana alokasi tahap II vaksin di Provinsi Lampung bakal berlangsung hingga Juli 2021, sehingga awal Agustus 2021 sudah masuk ke tahap III.

"Untuk tanggal pastinya tahap III, kita belum bisa memastikan sebab masih harus menunggu informasi dari Kementerian Kesehatan RI," ucapnya. 

Baca Juga: Raden Adipati: Pesantren di Way Kanan Prioritas Vaksinasi COVID-19

2. Satbrimobda Lampung kawal distribusi vaksin untuk Lampung

Lampung Dapat Tambahan Vaksin Sinovac Tahap II, Ini JumlahnyaVaksin (instagram/@satbrimob_lampung)

Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung turut melaksanakan pengamanan dan pengawalan terhadap pendistribusian vaksin COVID-19. Kegiatan itu, dilakukan mulai dari Pelabuhan Bakauheni menuju PT Merapi Utama Pharma Kompleks Pergudangan di Jalan Tembesu Bypas Soekarno-Hatta Provinsi Lampung, hingga ke perbatasan Lampung-Palembang tepatnya di kilometer 234 Tol Sumatera.

"Kegiatan pengawalan sengaja kita lakukan, sebagaimana sesuai arahan Danpas Gegana Brigjen Pol Reza Arif Dewanto," ujar Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Lampung, Kombes Pol R Kasero Manggolo. 

3. Pengamanan dan pengawalan bertujuan menghindari sabotase vaksin COVID-19

Lampung Dapat Tambahan Vaksin Sinovac Tahap II, Ini Jumlahnyailustrasi vaksin Sinovac

Kasero mengatakan, dilaksanakannya giat tersebut bertujuan untuk memastikan vaksin COVID-19 didistribusikan Kementerian Kesehatan RI ke Provinsi di wilayah Sumatera, khususnya di Provinsi Lampung bisa benar-benar dalam keadaan aman, terhadap ancaman sabotase bakal menggagalkan program vaksinasi.

"Bukan itu saja, juga untuk menggagalkan aksi teror terhadap rombongan pengawalan vaksin, dari pihak pihak tertentu yang memanfaatkan situasi dimasa pandemik ini," ucap Kasero.

4. Kegiatan sesuai Protap dan berjalan lancar

Lampung Dapat Tambahan Vaksin Sinovac Tahap II, Ini JumlahnyaSatbrimobda Lampung kawal distribusi vaksin COVID-19 (Instagram/@satbrimob_lampung)

Danden Gegana Kompol Robi Bowo Wicaksono menambahkan, giat pengamanan dan pengawalan melalui jalur darat, telah dilaksanakan sesaui dengan prosedur tetap (Protap).

"Kemarin malam pelaksanakan kegiatan berjalan lancar ada setiap pelaksanaannya," tukas Robi.

Menurutnya, tugas tersebut merupakan wujud nyata bakti satuannya terhadap masyarakat, yang dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan. "Insyaallah ini menjadi amal ibadah kita kelak," tandasnya.

Baca Juga: Bandar Lampung Tak Dapat Vaksin Termin Ketiga, Ada Apa?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya