Lagi, Polisi Bakal Kawal Pemudik Motor dari Pelabuhan Bakauheni 

Upaya cegah penumpukan dan kejahatan jalanan

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung kembali menyiapkan personel pengawalan estafet bagi para pemudik kendaraan roda dua hendak menempuh perjalanan malam hari pada periode arus mudik Lebaran 2023/1444 Hijriah.

Kabag Bina Operasi Biro Operasi Polda Lampung, AKBP Alim mengatakan, pengawalan estafet kendaraan itu bakal dimulai dari titik kumpulan pascaturun dari dermaga Pelabuhan Bakauheni, hingga menuju perbatasan Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan.

"Ini langkah antisipasi beberapa permasalahan yang sebelumnya terjadi pada arus mudik 2022, di antaranya adalah menumpuknya pemudik roda dua di Bakauheni saat malam hari, karena pemudik takut terjadinya kejahatan jalanan," ujarnya saat dimintai keterangan, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga: Mutasi! Kapolri Tunjuk Irjen Helmy Santika Jadi Kapolda Lampung

1. Pengamanan Polda Lampung berlangsung hingga 2 Mei 2023

Lagi, Polisi Bakal Kawal Pemudik Motor dari Pelabuhan Bakauheni Kegiatan pengawalan pemudik motor dari Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut disampaikan Alim, Polda Lampung juga telah mempersiapkan rancangan atau timeline pengamanan menyambut momen Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Pengamanan itu akan langsung dimulai 6 April 2023 melalui kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasi dalam kesiapan pengamanan Lebaran 2023.

Kemudian memasuki 17 April 2023, kepolisian daerah akan menggelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2023, dilanjutkan dengan TMT Operasi Ketupat Krakatau 2023 pada 19 April 2023.

"Operasi pengamanan akan terus dilangsungkan selama masa libur Idul Fitri 1444 Hijriah. Untuk mengatisipasi puncak arus mudik dan arus balik hingga tanggal 2 Mei 2023 mendatang," terang Alim.

2. Polda Lampung bakal dirikan Posko Tekab 308 hingga 83 pospam, posyan dan pos terpadu

Lagi, Polisi Bakal Kawal Pemudik Motor dari Pelabuhan Bakauheni Antisipasi JTTS menyambut momen libur Nataru (IDN Times/Istimewa)

Alim menambahkan, kepolisian daerah juga akan mendirikan Posko Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 di sejumlah lokasi rawan tindak pidana Curas, Curat, dan Curanmor (C3).

"Kami nanti akan menggelar dan mendirikan juga Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu sebanyak 83 pos di sejumlah titik di Provinsi Lampung," ungkapnya.

3. Ajak stakeholder hingga seluruh masyarakat jaga situasi kamtibmas

Lagi, Polisi Bakal Kawal Pemudik Motor dari Pelabuhan Bakauheni PT Hutama Karya (Persero) pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar melakukan operasi microsleep Maret ini. (Dok. Hutama Karya).

Alim menyampaikan, Polda Lampung mengajak seluruh stakeholder terkait bersama-sama menyukseskan rangkai pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2023. Termasuk meminta dukungan masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas aman dan nyaman.

"Kami meminta dukungannya, karena peran aktif semua pihak dalam rangkaian pengamanan ini sangat dibutuhkan, untuk dapat menekan angka kriminalitas," tandas dia.

Baca Juga: Gubernur Lampung Ingatkan Sederet Permasalahan Jelang Lebaran 2023

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya