Kompolnas Beri Rekomendasi Kasus Meninggalnya Siswa SPN Kemiling

Polisi tunggu hasil autopsi

Bandar Lampung, IDN Times - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengeluarkan rekomendasi kepada jajaran Polda Lampung dalam upaya menyikapi peristiwa kematian siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling, Advent Pratama Telaumbauna.

Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto mengatakan, pentingnya suatu lembaga pendidikan termasuk di SPN Kemiling memiliki CCTV memantau pelaksanaan pendidikan.

"Tentunya dalam konteks ini, rekomendasi dari Kompolnas memang perlu dalam rangka pemantauan pelaksanaan pendidikan, pengawasan kepada siswa diperlukan dukungan teknologi seperti CCTV yang harus ada dimana-mana," ujarnya saat konferensi pers di Siger Lounge Mapolda Lampung, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Siswa SPN Kemiling Meninggal Dianiaya? Kapolda Lampung Bilang Begini

1. Agar menantu aktivitas siswa dan pembina

Kompolnas Beri Rekomendasi Kasus Meninggalnya Siswa SPN Kemilingilustrasi CCTV (pexels.com/Free Stock)

Dikatakan Benny, tujuan pemasangan CCTV di setiap sudut lingkungan sekolah tersebut agar para siswa dapat terpantau dan tidak melakukan kegiatan bersifat pelanggaran-pelanggaran.

Selain itu, para pembina maupun pengasuh peserta didik juga bisa terpantau. Itu bilamana melakukan kegiatan-kegiatan cenderung mengandung unsur kekerasan.

"Ini salah satu poin, karena kami sudah berkunjung ke beberapa SPN bahkan ke Akpol. Itu juga menjadi salah satu atensi kami," ucapnya.

2. Titip pesan penanganan dan pendalaman peristiwa

Kompolnas Beri Rekomendasi Kasus Meninggalnya Siswa SPN KemilingKetua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto saat konferensi pers di Siger Louge Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam penanganan kasus kematian siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polda Lampung ini, Benny turut mengingatkan, agar proses penyelidikan dilaksanakan Timsus bentukan Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika harus dilaksanakan secara scientific crime investigation.

Oleh sebab itu, penting menunggu hasil autopsi terhadap jenazah korban di Rumah Sakit (RS) Adam Malik.

"Menunggu hasil autopsi disampaikan ke penyidik, proses pemeriksaan pendalaman ini harus tetap dijalankan. Tentunya, ada saatnya nanti dari bapak Kapolda akan menyampaikan hasilnya," ujar dia.

3. Penyelidikan tunggu hasil autopsi

Kompolnas Beri Rekomendasi Kasus Meninggalnya Siswa SPN Kemilingilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengatakan, pihaknya kini masih menunggu hasil autopsi jenazah siswa Advent Pratama dari RSUP H Adam Malik. Tujuannya, mengkolerasikan dengan bukti-bukti dan keterangan saksi ihwal kematian calon bintara tersebut.

"Mari sama-sama kita menunggu hasil autopsi itu. Apapun hasilnya, nanti akan kita sampaikan kepada masyarakat, apapun hasilnya nanti kita akan diskusikan. Kemudian masyarakat juga dipersilahkan bila ada yang ingin disampaikan, ditanyakan terkait dengan proses yang sedang kami lakukan," tandas kapolda.

Baca Juga: Kompolnas Dorong Polda Lampung Ungkap Kematian Siswa SPN Kemiling

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya