Kombes Zahwani Pandra 116 Kali Donor Darah, Pernah Raih Penghargaan PMI

Terbaru, donor darah didonasi untuk istri Peltu Suprayogi

Bandar Lampung, IDN Times - Menjadi perwira menengah kepolisian, tak melulu soal menginstruksikan personelnya menggenggam senjata, menangkap penjahat, atau berkutat dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Namun ada sisi-sisi kemanusiaan lainnya yang jarang ketahui oleh masyarakat umum.

Satu di antaranya seperti Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. Ia adalah perwira menengah pemegang jabatan strategis di Kepolisian Daerah (Polda) Lampung sebagai Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) memiliki hobi mulia, rutin melakukan aktivitas donor darah.

"Selain bisa membantu sesama, ini cara saya merawat kesehatan tubuh supaya bisa tetap prima," ujar Pandra sapaan akrabnya, Minggu (14/3/2021).

1. Lakukan 116 kali donor darah dan pernah mendapat penghargaan dari PMI

Kombes Zahwani Pandra 116 Kali Donor Darah, Pernah Raih Penghargaan PMIKombes Pol Pandra bersama Perwakilan PMI Lampung (IDN Times/Istimewa)

Kombes Pandra mengatakan, sudah melakoni donor darah ke-116 bersama Palang Merah Indonesia (PMI). Terakhir kali, ia mendonasikan darahnya untuk membantu salah satu keluarga anggota TNI Angkatan Darat, yang bertugas di Kodim 0411 Lampung Tengah.

Berkat konsistensinya itu, ia pernah mendapatkan penghargaan dari PMI bersama 229 orang lainnya pada 2016 silam, atau tepatnya saat berdonor darah memasuki ke-80 kali.

Menurut Pandra, aktivitas donor darah sudah menjadi caranya melakukan aksi sosial dan merawat kesehatan tubuh, agar tetap prima dengan rajin mendonorkan darahnya. Namun sejak pandemik melanda, kegiatan ini dilakukan dengan cara sedikit berbeda.

"Sesuai ketentuan, pendonor harus terlebih dahulu diperiksa kesehatannya. Terutama terkait virus COVID-19," terangnya.

Baca Juga: Sederet Kisah dan Pengalaman Irjen Purwadi Saat Jabat Kapolda Lampung

2. Donor danah terakhir membantu istri anggota TNI Babinsa Metro Selatan, pasca menjalani operasi kista

Kombes Zahwani Pandra 116 Kali Donor Darah, Pernah Raih Penghargaan PMIKombes Pol Zahwani Pandra (IDN Times/Istimewa)

Khusus donor danar ke-166 kali, mantan Kapolres Kepulauan Meranti itu mendonorkan darahnya untuk Hermawati, istri danggota Babinsa Metro Selatan Kodim 0411 Lampung Tengah, Peltu Suprayogi. Donor berlangsung di UTD PMI Bandar Lampung.

Seusai donor, ia didampingi Kapolsek Metro Barat, Iptu Resmawati, juga menyambangi rumah Peltu Suprayogi, Sabtu (13/3/2021). Tujuannya, untuk melihat kondisi istri Peltu Suprayogi, pasca menjalani operasi kista. Selain itu, hal ini juga menjadi bentuk nyata sinergitas antara TNI dan Polri.

"Semoga istri segera pulih dan diberikan kesehatan paripurna, serta setetes darah yang saya donorkan dapat memberikan manfaat untuk kesembuhan istri tercinta pak Suprayogi," harap Pandra.

3. Peltu Suprayogi ucapkan rasa terima kasih

Kombes Zahwani Pandra 116 Kali Donor Darah, Pernah Raih Penghargaan PMIKombes Pol Pandra bersam keluarga Peltu Suprayogi (IDN Times/Istimewa)

Peltu Suprayogi turut menyampaikan ucapan terima kasih bantuan donor darah dari Kabid Humas Polda Lampung tersebut.

Ia juga mengatakan, kondisi sang istri saat ini sudah kian membaik, pasca melewati masa operasi kista kemarin. "Sekarang sudah berada di rumah dan tinggal proses pemulihan dan kontrol berkala saja" tandasnya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya