Ketua Pansel CASN 2021 Lampung: Tak Ada Istilah 'Jalur Belakang'

Peserta SKD BKN se-Provinsi Lampung capai 44.372 pelamar

Bandar Lampung, IDN Times - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tahun anggaran 2021, Fahrizal Darminto, menegaskan transparansi proses seleksi dan tak ada istilah 'jalur belakang' terkait penerimaan CPNS ataupun PPPK.

Fahrizal bahkan menyebut, pihaknya tak segan bakal menindak tegas, oknum-oknum kedapatan coba bermain dalam proses rekrutmen CASN di tahun ini.

"Jadi kalau ada orang ngaku-ngaku, bisa bantu masuk jadi pegawai dengan iming-iming upah atau materi, itu tidak benar. Kalau nanti ada kedapatan, tolong catat dan laporkan pada kami," ujar Fahrizal, Kamis (26/8/2021).

1. CASN 2021 Pemprov Lampung hanya sediakan 429 formasi

Ketua Pansel CASN 2021 Lampung: Tak Ada Istilah 'Jalur Belakang'Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto (IDN Times/Istimewa)

Fahrizal menyampaikan, Pemprov Lampung mendapatkan alokasi formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 sebanyak 429. Itu terdiri dari Tenaga Kependidikan (Guru PPPK) sebanyak 277, Tenaga Kesehatan 102, dan Tenaga Teknis 50 alokasi formasi.

Menariknya, Pemprov Lampung juga mengalokasikan formasi Penyandang Difabel sebanyak tiga, terdiri satu alokasi formasi pada Tenaga Kesehatan (CPNS) dan dua alokasi formasi Tenaga Teknis (CPNS).

"Selain itu, Pemprov Lampung juga mengalokasikan formasi bagi lulusan terbaik (Cumlaude) pada Tenaga Teknis (CPNS) sebanyak tiga," ungkap Fahrizal.

Baca Juga: Sudah Cek? Daftar Nama Hasil Sanggah Pelamar CASN Pemprov Lampung 2021 

2. Tiap peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak ikuti ujian SKD BKN

Ketua Pansel CASN 2021 Lampung: Tak Ada Istilah 'Jalur Belakang'Ilustrasi CPNS (Antara Foto/Adeng Bustomi)

Dari 5.966 pelamar CASN mengikuti Seleksi Administrasi di lingkungan Pemprov Lampung tahun ini. Fahrizal menjelaskan, jumlah tersebut terdiri dari Pelamar Formasi CPNS sebanyak 3.691 pelamar dan Formasi PPPK Guru sebanyak 2.275 pelamar.

Pada periode pendaftaran tersebut, terdapat 7 alokasi formasi jabatan tidak ada pendaftar yaitu, satu jabatan tenaga teknis (Arsiparis) dan empat jabatan tenaga kesehatan (dokter spesialis kandungan, dokter spesialis bedah mulut, dokter spesialis bedah syaraf, dan dokter spesialis radiologi).

"Setelah melewati masa sanggah, jumlah pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi ada 3.459. Mereka berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu, SKD (Seleksi Korfipetensi Dasa) dengan menggunakan metode (CAT) Computer Assisted Test BKN," terang Fahrizal.

Menurutnya, penggunaan CAT merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer digunakan, untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar digunakan dalam seleksi CPNS. "Dimana nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum, saat peserta mengerjakan soal atau usai tes (transparan)," sambung Fahrizal.

3. 44.472 pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi se-Provinsi Lampung

Ketua Pansel CASN 2021 Lampung: Tak Ada Istilah 'Jalur Belakang'Ilustrasi ujian komputer CPNS. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Berdasarkan hasil seleksi administrasi Pemprov Lampung dan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, Fahrizal menyebut, jumlah peserta seleksi kompetensi dasar CPNS dan seleksi kompetensi PPPK Non Guru pada periode ini berjumlah 44.372 peserta.

Menurut dia, pelaksanaan ujian SKD CPNS dan PPPK Non Guru nantinya bakal dilaksanakan di dua titik lokasi ujian yaitu, di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan SMK Yadika Pringsewu (untuk Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu).

"Ini kemarin sudah kita sampaikan melalui surat Kepala BKD Provinsi Lampung Nomor 800/1924/VI.04/2021 tanggal 25 Agustus 2021, perihal penyampaian jadwal pelaksanaan ujian SKD CASN 2021," terang Fahrizal.

4. Tahapan pelaksanaan seleksi CASN Pemprov Lampung

Ketua Pansel CASN 2021 Lampung: Tak Ada Istilah 'Jalur Belakang'Ilustrasi CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Berikut IDN Times rangkum tahapan pelaksanaan seleksi CASN di lingkungan Pemprov Lampung tahun anggaran 2021:

1. Pengumuman Seleksi ASN, 30 Juni - 14 Juli 2021
2. Pendaftaran Seleksi ASN, 30 Juni - 26 Juli 2021
3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, 2 - 3 Agustus 2021
4. Masa Sanggah, 4 - 6 Agustus 2021
5. Jawab Sanggah 4 - 13 Agustus 2021
6. Pengumuman Pasca Sanggah, 15 Agustus 2021.

Baca Juga: Cara Isi dan Cetak Kartu Deklarasi Sehat, Syarat Wajib Tes CASN 2021

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya