Keren! UIN Raden Intan Lampung Peringkat 8 Kampus Hijau Berkelanjutan

Pemeringkatan versi UI GreenMetric World University

Bandar Lampung, IDN Times - UIN Raden Intan Lampung kembali meraih peringkat 8 kampus hijau berkelanjutan atau The 8th Most Sustainable University in Indonesia. 

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan internasional terkait dengan pengelolaan kampus berkelanjutan, juga pemeringkatan berdasarkan pada komitmen perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus.

2022 menjadi tahun ke-5 UIN Raden Intan Lampung turut serta dalam pemeringkatan tersebut. Pada 2018, kampus ini menempati posisi ke-18; 2019, pada urutan ke-11; 2020, berada di peringkat 10; 2021, berada di peringkat sama pada tahun ini.

Baca Juga: Fakta UIN Raden Intan Lampung, Masuk Deretan Kampus Terkemuka Dunia

1. Penghargaan diserahkan Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek

Keren! UIN Raden Intan Lampung Peringkat 8 Kampus Hijau BerkelanjutanUIN Raden Intan Lampung kembali meraih peringkat 8 kampus hijau berkelanjutan atau The 8th Most Sustainable University in Indonesia. (Dok. UIN Raden Intan).

UI GreenMetric World University Rankings Awards 2022 diumumkan ke seluruh dunia secara hybrid, luring di Balai Sidang Kampus UI Depok, sementara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung pada kanal YouTube Universitas Indonesia, Senin (12/12/2022).

Penghargaan diserahkan oleh Prof Nizam, selaku Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek didampingi oleh Prof Riri Fitri Sari merupakan Ketua UI GreenMetric.

Terkait penghargaan itu, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin menerima penghargaan tersebut, merasa amat bersyukur atas capaian kampus. Terlebih pemeringkatan itu dapat dipertahankan di urutan 8 besar.

“Alhamdulillah capaian yang patut kita syukuri, mengingat seluruh perguruan tinggi berupaya keras untuk kampusnya masing-masing,” ujarnya usai menerima penghargaan.

2. Ajang diikuti 1.050 universitas dari 85 negara

Keren! UIN Raden Intan Lampung Peringkat 8 Kampus Hijau BerkelanjutanUniversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Prof Wan juga berterima kasih dan apresiasi kepada TPKBBL, serta seluruh pihak sudah bekerja bergerak bersama atas capaian telah diraih. Pasalnya, perlu diketahui pada 2022 ini jumlah kepesertaan pemeringkatan mengalami peningkatan yaitu, 1.050 universitas dari 85 negara mengikuti UI GreenMetric, termasuk 126 universitas dari Indonesia.

“Saya berpesan kepada seluruh warga sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung untuk terus meningkatkan kinerja, dedikasi, loyalitasnya untuk terus mewujudkan sustainability campus karena tentu tahun depan akan semakin ketat persaingannya,” ucap rektor.

Oleh karenanya, ia pun meminta semua pihak di kampus mampu memupuk kebersamaan harmoni antara satu sama lain, terlebih dalam menopang perbaikan kampus dari waktu ke waktu. "Harapannya pemeringkatan ini tidak hanya di atas kertas atau simbol saja, namun di tahun akan datang, tercermin dan terefleksi secara nyata di dalam kehidupan sehari-hari di kampus," lanjut sang rektor.

3. Daftar 10 besar universitas berkelanjutan

Keren! UIN Raden Intan Lampung Peringkat 8 Kampus Hijau BerkelanjutanUniversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berikut peringkat 10 besar perguruan tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric 2022

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Sebelas Maret
  • UIN Raden Intan Lampung
  • Telkom University
  • Universitas Airlangga

Baca Juga: Keren! UIN Raden Intan Lampung Dirikan Lembaga Pemeriksa Halal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya