Keren! Provinsi Lampung Dipilih jadi Tema Ajang Puteri Indonesia 2023

Video opening malam final di Taman Nasional Way Kambas

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung terpilih sebagai tema ajang kontes kecantikan Puteri Indonesia 2023. Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur menjadi salah satu lokasi syuting atau pembuatan video opening alam final Puteri Indonesia 2023 pada 19 Mei 2023 mendatang.

Ketua Pemilihan Puteri Indonesia Nasional, Kusuma Ida Anjani mengatakan, penilaian alasan pemilihan Provinsi Lampung sebagai tema Putri Indonesia 2023, dikarenakan amat kaya akan potensi pariwisata dan kebudayaan.

"Lampung punya potensi besar dan atas dasar itu Lampung kita angkat sebagai tema Puteri Indonesia 2023. Ide itu kita matangkan dan kita datang ke Lampung," ujarnya, Senin (3/4/2023).

Baca Juga: Wisata Baru di Pringsewu, Cocok untuk Ngabuburit Sekaligus Bukber

1. Sebanyak 45 finalis Puteri Indonesia 2023 akan berkunjung ke Lampung

Keren! Provinsi Lampung Dipilih jadi Tema Ajang Puteri Indonesia 2023Audiensi Yayasan Putri Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Lampung terkait pengusungan tema 2023. (Dok. Pemprov Lampung).

Dalam kunjungan ke Lampung, Kusuma menyebutkan pihaknya mengawali kegiatan syuting atau pembuatan video opening oleh Puteri Indonesia, Puteri Indonesia Lingkungan dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022. Salah satu tujuan lokasinya yaitu TNWK.

"Kita menghadirkan 3 Puteri 2022 ini terlebih dahulu. Baru selanjutnya seluruh finalis Puteri Indonesia 2023 yang berjumlah 45 finalis akan datang ke Lampung," katanya.

2. Kerajinan khas Lampung akan dieksplor

Keren! Provinsi Lampung Dipilih jadi Tema Ajang Puteri Indonesia 2023Ilustrasi produk kerajinan tapis. Produk tapis SMPN 1 Tanjung Sari. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Dalam pengusungan tema ini, Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Putri Indonesia (YPI), Mega Angkasa menambahkan, YPI terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, HIPMI, dan para pihak lainnya guna membahas mengenai potensi dan keindahan alam bakal ditampilkan.

Termasuk urusan membangun komunikasi bersama dengan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal terkait kerajinan dapat dieksplor semisal kain tradisional Lampung atau kekayaan Lampung lainnya.

"Kain Lampung ini nantinya akan dipakai seluruh finalis dan juga 3 ratu kecantikan dunia akan hadir," ucap Mega.

3. Harapkan pengembangan pariwisata Lampung ditingkat nasional dan internasional

Keren! Provinsi Lampung Dipilih jadi Tema Ajang Puteri Indonesia 2023Audiensi Yayasan Putri Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Lampung terkait pengusungan tema 2023. (Dok. Pemprov Lampung).

Menyikapi pengusungan tema tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pun berharap langkah ini akan memberikan dampak bagi pengembangan pariwisata Lampung secara nasional maupun internasional.

"Kami sampaikan penghargaan dan ini suatu kebanggaan sekaligus menjadi peluang bagi Lampung, untuk bisa lebih dikenal tidak hanya nasional namun di kancah internasional. Ini harus kita respons dengan baik selaku tuan rumah," imbuhnya.

Ia pun menyampaikan, komitmen Pemprov Lampung bakal memfasilitasi dan memberikan informasi segala potensi luar biasa ada di Bumi Ruwa Jurai untuk dapat dieksplor. Itu mulai pariwisata, budaya, kain, kuliner, UMKM, tarian, musik tradisional, satwa, dan lain-lain.

"Lampung memiliki potensi luar biasa dan keindahan alamnya. Kita punya Anak Gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dan pantai-pantai indah diantaranya Pahawang, Teluk Kiluan, Tanjung Setia, dan lainnya," sambung dia.

4. Minta seluruh instansi saling berkolaborasi

Keren! Provinsi Lampung Dipilih jadi Tema Ajang Puteri Indonesia 2023Audiensi Yayasan Putri Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Lampung terkait pengusungan tema 2023. (Dok. Pemprov Lampung).

Lebih lanjut Arinal turut meminta, agar instansi terkait bersama kabupaten/kota dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dapat berkolaborasi dengan YPI, untuk membuat konsep dengan sebaik mungkin dan hasil maksimal.

"Kita persembahkan kekayaan dan keindahan Lampung dari segala sisi. Kita berikan yang terbaik Lampung sebagai tema Puteri Indonesia 2023," tandas gubernur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Gunung di Lampung, Bikin Enggan Pulang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya