Kerangka Manusia di Kebun Karet Tubaba Diduga Milik Orang Hilang

Polisi bakal tes DNA

Intinya Sih...

  • Penemuan tengkorak manusia di perkebunan karet Desa Panaragan, Tulang Bawang Barat menemui titik terang.
  • Kerangka diduga kuat merupakan warga setempat yang hilang selama satu tahun terakhir, bernama Pendi Bin Sarbini.
  • Kepolisian melakukan koordinasi dengan RS Bhayangkara Polda Lampung untuk tes DNA guna memastikan identitas korban.

Tulang Bawang Barat, IDN Times - Kasus penemuan tengkorak kepala dan ceceran kerangka manusia di area perkebunan karet di Desa Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat menemui titik terang.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, hasil penyelidikan kepolisian mengarah diduga kuat kerangka manusia tersebut merupakan warga setempat telah dinyatakan hilang selama satu tahun terakhir. Korban bernama Pendi.

"Penyelidikan awal mengarah pada kemungkinan bahwa kerangka tersebut adalah Pendi Bin Sarbini, seorang pria dengan keterbelakangan mental dilaporkan hilang sejak 6 April 2023," ujarnya dikonfirmasi, Senin (5/8/2024).

Baca Juga: Geger! Tengkorak dan Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Karet Tubaba

1. Polisi masih akan melakukan uji tes DNA

Kerangka Manusia di Kebun Karet Tubaba Diduga Milik Orang Hilangilustrasi DNA (pixabay.com/geralt)

Umi melanjutkan, indikasi tersebut dikarenakan sejumlah helai pakaian ditemukan di lokasi kejadian sama persis dengan dikenakan Pendi saat dinyatakan menghilang oleh pihak keluarganya.

Berbekal informasi ini, pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan dan berkoordinasi lebih lanjut bersama RS Bhayangkara Polda Lampung untuk melakukan tes DNA.

"Kami terus mendalami kasus ini dan telah melakukan koordinasi dengan RS Bhayangkara, untuk tes DNA guna memastikan identitas korban," jelasnya.

2. Minta kerja sama masyarakat

Kerangka Manusia di Kebun Karet Tubaba Diduga Milik Orang HilangPenampakan penemuan kerangka manusia di kebun karet di Tulang Bawang Barat. (DOK. Polres Tulang Bawang Barat).

Lebih lanjut kepolisian mengucapkan terima kasih kepada masyarakat telah membantu dalam proses penyelidikan hingga diperoleh dugaan informasi indentitas kerangka tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat masih memiliki informasi lebih lanjut dapat melaporkan atau menyampaikannya ke kepolisian, guna mendukung proses upaya-upaya penyelidikan.

"Kami akan terus bekerja keras untuk memberikan kejelasan kepada keluarga korban dan memastikan keadilan ditegakan," tandasnya.

3. Tengkorak kepala hingga pakaian dan sandal korban

Kerangka Manusia di Kebun Karet Tubaba Diduga Milik Orang HilangGaris polisi (istimewa)

Dalam penemuan ini, petugas kepolisian dan warga menemukan barang bukti berupa kerangka tengkorak kepala manusia, tulang iga, rahang bawah, tulang kaki, satu celana pendek putih satu celana kain pendek ungu, satu celana dalam putih merek new Z.R MAN, dan satu sandal jepit biru.

Seluruh barang bukti itu kini dibawa ke RS Bhayangkara Polda Lampung untuk dilakukan uji laboratorium forensik (Labfor) terhadap tulang-tulang kerangka manusia tersebut.

Baca Juga: Deretan Promo Hari Kemerdekaan RI ke 79 Kuliner Bandar Lampung 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya