Kembali Dibuka! Penerbangan Krui-Bengkulu via Bandara Radin Inten II 

Rute penerbangan sepekan beroperasi dua kali

Intinya Sih...

  • Rute penerbangan perintis Radin Inten II Lampung-Krui-Bengkulu kembali beroperasi, melayani dua kali dalam sepekan.
  • Penerbangan diharapkan mempermudah konektivitas masyarakat dan wisatawan, dengan waktu tempuh 35-90 menit.
  • Harga tiket penerbangan masih berada di batas tarif normal, memberikan alternatif transportasi udara yang efisien.

Lampung Selatan, IDN Times - Bandara Radin Inten II Lampung kembali melayani penerbangan perintis dari dan menuju Krui Pesisir Barat - Bengkulu. Reaktif rute ini sebelumnya dari atau menuju Krui - Way Kanan.

Executive General Manager Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki mengatakan, penerbangan rute Radin Inten II Lampung-Krui-Bengkulu dan sebaliknya itu sudah mulai beroperasi, Rabu (13/3/2024). Penerbangan menggunakan pesawat maskapai Susi Air berkapasitas 12 orang.

"Pesawat akan beroperasi setiap dua kali dalam sepekan yakni, setiap Rabu dan Sabtu menggunakan pesawat jenis Cessna Grand Caravan 208 kapasitas 12 orang dalam sekali penerbangan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Hore! Penerbangan Lampung-Yogyakarta Dibuka di Bandara Radin Inten

1. Waktu tempuh rute hanya 35-90 menit

Kembali Dibuka! Penerbangan Krui-Bengkulu via Bandara Radin Inten II Ceremony penerbangan perdana angkutan udara perintis Bandara Radin Inten - Krui - Bengkulu. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Untung mengatakan, layanan penerbangan ini diharapkan akan mempermudah konektivitas masyarakat dan wisatawan, guna mengakses jalur udara dari dan menuju Krui serta Bengkulu agar lebih efisiensi dan lancar.

Menurut dia, beroperasinya layanan penerbangan ini memberikan alternatif transportasi udara menuju Krui Pesisir Barat dan Bengkulu.

"Dengan jalur udara, waktu tempuh dari Bandar Lampung ke Pesisir Barat serta Bengkulu, ini sangat efisiensi hanya butuh waktu 35 menit hingga 90 menit," ucapnya.

2. Pastikan tarif normal sesuai ketentuan

Kembali Dibuka! Penerbangan Krui-Bengkulu via Bandara Radin Inten II Bandara Raden Inten II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Meski waktu tempuh singkat, Untung juga menjamin, harga jual tiket layanan penerbangan perintis dari dan menuju Krui Pesisir Barat serta Bengkulu masih berada di batas tarif normal ketentuan pemerintah.

"Harga tiket cukup murah, kami rasa dapat memberikan pilihan yang baik bagi masyarakat dan wisatawan menuju Krui pesisir barat serta Bengkulu. Jika melakukan perjalanan darat dapat menempuh waktu 6 hingga 12 jam," jabar dia.

3. Komitmen wujud perwujudan program penerbangan perintis

Kembali Dibuka! Penerbangan Krui-Bengkulu via Bandara Radin Inten II Bandara Raden Inten II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Untung menambahkan, penerbangan perintis merupakan program menjadi bentuk perwujudan visi pemerintah Indonesia melalui Direktorat Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, untuk menghadirkan akses ke seluruh wilayah NKRI termasuk daerah 3TP (terkecil, terdepan, terpencil, dan perbatasan).

Oleh karenanya, Bandara Radin Inten II merupakan bagian dari BUMN bersama Badan Usaha Angkutan Udara Susi Air turut hadir dalam mensukseskan program pemerintah tersebut dengan menyediakan layanan penerbangan ke Krui Pesisir Barat dan Bengkulu.

"Harapan utamanya tentu, memberikan kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat Lampung dan sekitarnya," tandas Untung Basuki.

Baca Juga: Kabar Gembira! Bandara Radin Inten II Buka Rute Tujuan Bali dan Jogja

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya