Kebutuhan Oksigen Lampung Melonjak 3 Kali Lipat, Ini Kata Menteri PMK

Suplai oksigen datang dalam waktu dekat

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy meminta Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mencari jalan keluar guna memenuhi ketersediaan oksigen di Provinsi Lampung

Muhadjir mengingatkan, agar oksigen di rumah sakit ataupun masyarakat yang tengah melaksanakan isolasi mandiri (Isoman) tetap bisa terpenuhi di tengah situasi pandemik COVID-19.

"Sebab oksigen ini adalah kebutuhan vital bagi mereka yang terkena musibah penderita COVID-19," ujarnya, saat melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Moeloek, Kamis (8/7/2021).

1. Ketersediaan oksigen di Lampung kian menipis

Kebutuhan Oksigen Lampung Melonjak 3 Kali Lipat, Ini Kata Menteri PMKMenteri PKM Muhadjir Effendy Kunker ke RSUD Abdoel Moeloek (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Selain mengecek ketersediaan stok oksigen, Muhadjir juga menyampaikan, kedatangan pihaknya kali ini untuk memastikan kebutuhan rumah sakit lainnya. Namun tetap, permasalahan oksigen menjadi atensi utama.

"Kita tahu hari-hari ini telah terjadi kelangkaan di mana-mana dan ternyata itu tidak terjadi di Jawa saja. Tetapi di Lampung pun kebutuhan oksigen sekarang sangat meningkat," imbuh dia.

Menurutnya, setelah mengecek dan menerima informasi tangki liquid oksigen dari pihak RSUD Abdoel Moeloek. Ia tak menampik, bahwa ketersediaan semakin menipis. "Tadi sudah ada inisiatif, mudah-mudahan itu bisa menjadi cara jalan keluar," sambung Muhadjir.

Baca Juga: Permintaan Oksigen di Lampung Meningkat, Stok Tabung di Agen Minim

2. Kebutuhan melonjak tiga kali lipat

Kebutuhan Oksigen Lampung Melonjak 3 Kali Lipat, Ini Kata Menteri PMKMenteri PKM Muhadjir Effendy Kunker ke RSUD Abdoel Moeloek (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Mantan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbud Ristek) tersebut menjelaskan, pusat distributor oksigen se-Provinsi Lampung beralamat di Kelurahan Candimas, Kecamatan Natar. Di sana, kebutuhan oksigen saat ini naik tiga kali lipat.

Tercatat, selama sepekan Juli 2021, kebutuhan oksigen di Lampung telah menghabiskan sebanyak 50 ton.

"Juni biasanya 150 ton sebulan, tapi kemarin 170 ton dan sekarang (Juli) baru satu minggu sudah 50 ton. Berarti diperkirakan akhir bulan nanti bisa sampai 200 ton," jelas Muhadjir.

3. Oksigen hanya diperuntukkan bagi sektor kesehatan

Kebutuhan Oksigen Lampung Melonjak 3 Kali Lipat, Ini Kata Menteri PMKSuasana IGD RS Abdoel Moeloek (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pemerintah pusat juga telah menginstruksikan, agar distribusi oksigen untuk sementara waktu hanya diperuntukkan bagi sektor kesehatan.

"Jadi sekarang, botol-botol (tabung) yang biasa dipakai untuk tukang las sekarang sudah untuk rumah sakit. Cuma karena botolnya karatan saya meminta untuk dibungkus dengan baju batik, sebab kalau putih menakutkan," kelakar Muhadjir.

Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah yang tepat dan sudah sesuai instruksi Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo melalui Luhut Binsar Panjaitan, selaku Koordinator PPKM Darurat.

"Ini sudah dilakukan, tidak hanya di wilayah Jawa dan Bali tetapi juga di luar itu. Saya harap termasuk di Lampung," ucap Muhadjir.

4. Suplai bakal datang dalam waktu dekat

Kebutuhan Oksigen Lampung Melonjak 3 Kali Lipat, Ini Kata Menteri PMKMenteri PKM Muhadjir Effendy Kunker ke RSUD Abdoel Moeloek (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengklaim, pemerintah daerah telah bergerak cepat guna mengatasi permasalah panceklik oksigen di Sai Bumi Ruwa Jurai. Selain itu, ia juga memastikan bahwa suplai oksigen untuk Provinsi Lampung akan datang dalam waktu dekat

"Insaallah, tadi saya juga sudah lapor karena belum tuntas, jadi belum saya ekspose. Lebih baik barangnya ada dalam minggu-minggu ini, dari pada saya ngoceh kemana-mana tetapi nanti tidak ada," tandas Arinal.

Baca Juga: Antisipasi Kriminalitas Oksigen Langka di Lampung, Polisi Lakukan Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya