Kebakaran Hebat Hanguskan Panglong Kayu dan 2 Mobil di Bandar Lampung

Pemadaman libatkan 8 mobil pemadam dan 22 personel

Bandar Lampung, IDN Times - Kebakaran melanda tempat usaha panglong kayu di Jalan Ryacudu, Kelurahan Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (19/8/2023). Api menghanguskan seluruh bangunan berikut dua unit kendaraan mobil.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Bandar Lampung, Anthony Irawan mengatakan, pihaknya menerima laporan dan langsung menindaklanjuti insiden kebakaran tersebut sekitar pukul 09.15 WIB.

"Iya, yang terbakar panglong kayu dan juga ada 2 unit mobil yang ikut terbakar. 1 kendaraan minibus dan 1 truk," ujarnya saat dimintai keterangan di lokasi kejadian.

Baca Juga: Pemuda di Way Kanan Tewas Ditembak Begal Sadis, Polisi Buru 3 Pelaku

1. Sumber api dari pembakaran sampah

Kebakaran Hebat Hanguskan Panglong Kayu dan 2 Mobil di Bandar LampungPanglong kayu di Jalan Ryacudu, Kelurahan Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (19/8/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Anthony, berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian penyebab api muncul diduga berasal dari bakaran sampah di area panglong kayu setempat. Akibat tidak diawasi, api merambat ke sejumlah titik dan membesar.

"Pemicu api dari bakaran sampah yang membesar hingga terjadi kebakaran," ungkapnya.

Beruntung insiden sempat mengundang perhatian masyarakat setempat maupun pengendara melintas tersebut tidak memakan korban jiwa. "Ya, alhamdulillah tidak ada korban," sambung dia.

2. Pemadaman libatkan 8 mobil pemadaman dan 22 personel

Kebakaran Hebat Hanguskan Panglong Kayu dan 2 Mobil di Bandar LampungPanglong kayu di Jalan Ryacudu, Kelurahan Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (19/8/2023). (Tangkap layar video amatir warga)

Dalam proses pemadaman api, Anthony menyebutkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Bandar Lampung mengerahkan sebanyak 6 mobil pemadam dan 2 mobil suplai air. Termasuk 22 personel kebakaran.

Alhasil, api baru bisa benar-benar dijinakkan lebih dari satu jam. Mengingat, lokasi lokasi berisi material rentan dilahap api hingga pemadaman cukup membutuhkan waktu.

"Jadi ada 8 mobil armada yang diturunkan, kemudian ada 22 personel yang dilibatkan dalam pemadaman. Saat ini masih proses pendinginan," pungkasnya.

3. Imbau masyarakat hati-hati membakar sampah

Kebakaran Hebat Hanguskan Panglong Kayu dan 2 Mobil di Bandar LampungPanglong kayu di Jalan Ryacudu, Kelurahan Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (19/8/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Atas peristiwa kali ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Bandar Lampung kembali mengingatkan sekaligus mengimbau kepada segenap masyarakat agar lebih berhati-hati. Utamanya, tidak membakar sampah sembarangan.

"Kami tidak henti-hentinya mengingatkan ini, bagi masyarakat yang membakar sampah silahkan manfaat layanan petugas kebersihan yang sudah disediakan Pemkot Bandar Lampung," tandasnya.

Baca Juga: Inilah Anggota Bawaslu 15 Kabupaten/Kota Terpilih di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya