Comscore Tracker

Kapolda Lampung: Jangan Ada Lagi Ada Pungli di Jalan oleh Anggota

Sertijab Irwasda dan Dirlantas Polda Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno menekankan kepada jajaran kepolisan lalu lintas (Polantas) agar tidak ada pungutan liar (Pungli) dalam bentuk apapun di jalanan, terkhusus menyangkut urusan berkendara tertib lalu lintas di wilayah hukum setempat.

Pernyataan itu ditegaskan Kapolda saat memimpin kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) dan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, di Lapangan Apel Mapolda Lampung, Kota Bandar Lampung, Jumat (13/5/2022).

"Masyarakat harus terlayani dengan baik, jangan ada lagi pungli-pungli di jalan-jalan yang dilakukan oleh anggota lalu lintas. Ini menjadi perhatian bagi saya, tunjuk bahwa kita (Polri) sudah berubah dan mampu untuk berubah," ujar Hendro.

Baca Juga: Kado HUT Lampung ke-58, Ini Peran PLN UID Lampung Bangun Kelistrikan

1. Mutasi jabatan diberikan kepada semua insan Polri

Kapolda Lampung: Jangan Ada Lagi Ada Pungli di Jalan oleh AnggotaKapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda turut mengapresiasi kinerja Irwasda Kombes Pol Eddy Hermanto dan Dirlantas Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma selama mengabdi dan memimpin satuannya dalam betugas mambantu Polda Lampung.

Menurutnya, kesempatan mutasi atau kenaikan jabatan di jajaran instansi Polri dimiliki oleh semua insan kepolisian dan bersifat biasa, itu sebagai rangkaian regenerasi maupun penyegaran di tubuh Polri.

"Serah terima jabatan adalah hal biasa di suatu organisasi, semuanya mengacu pada penilaian dan kinerja kompetensi. Saya sebagai Kapolda Lampung mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kombes Pol Eddy Hermanto dan Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma," ucap Hendro.

2. Kombes Pol Eddy Hermanto dinilai telah memberikan loyalitas dan dedikasi tinggi

Kapolda Lampung: Jangan Ada Lagi Ada Pungli di Jalan oleh AnggotaSertijab Irwasda dan Dirlantas Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Selama berada di Polda Lampung, Hendro menilai, Kombes Pol Eddy Hermanto mampu memimpin maupun memastikan organisasi Mapolda setempat dapat berjalan baik, serta memberikan loyalitas dan dedikasi tinggi. Ia juga berharap kinerja tersebut bisa diteruskan di posisi jabatan baru sebagai Irbidjemenopsnal II Itwil I Itwasum Polri.

Selain itu, ia pun meminta kepada pejabat Irwasda Polda Lampung baru, Kombes Pol Sustri Bagus Setiawan mampu meneruskan kebijakan-kebijakan pejabat lama yang baik bisa diteruskan dan membantu Polda Lampung menjadi lebih baik lagi.

"Saya yakini dengan kemampuan dan pengalaman-pengalaman selama ini, dapat bersama-sama membawa Polda Lampung ke arah lebih baik," imbuh dia.

3. Dirlantas baru diminta meneruskan apresiasi masyarakat terhadap pengaturan lalu lintas di Polda Lampung

Kapolda Lampung: Jangan Ada Lagi Ada Pungli di Jalan oleh AnggotaDirlantas Polda Lampung, Kombes Pol. Raden Romdhon Natakusuma. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hal serupa turut diucapkan Kapolda kepada Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, meski belum genap satu tahun menjabat sebagai Dirlantas Polda Lampung, namun telah memberikan dedikasi serta loyalitas kinerja tinggi.

Sebagai buktinya, jajaran Ditlantas Polda Lampung mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menerapkan konsep-konsep rekayasa lalu lintas dalam mengatur arus mudik/balik selama periode Lebaran Idul Fitri 2022/1443 Hijriah.

"Pengalaman baik didapat di Polda Lampung yang baik harus dibawa sebagai Kapolresta Tanggerang, begitu juga dengan hal kurang baik agar bisa lebih dikembangkan untuk memuji karier kepolisian lebih baik, terima kasih selama," imbuh Hendro.

Kapolda juga turut menyambut kedatangan, Kombes Pol Medyanta sebagai pejabat baru Dirlantas Polda Lampung, ia meminta prestasi telah dikerjakan pejabat lama bisa diteruskan. "Harus bisa menjaga situasi lalu lintas di jajaran Polda Lampung berjalan dengan baik, yang memang selama ini sudah diapresiasi banyak orang," sambungnya.

4. Sertijab tindak lanjut Surat Telegram Rahasia Kapolri

Kapolda Lampung: Jangan Ada Lagi Ada Pungli di Jalan oleh AnggotaDok. IDN Times/bt

Sertijab ini merupakan tindaklanjut atas Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Nomor ST/747/IV/KEP./2022 tertanggal 13 April 2022 yang diteken oleh As SDM Polri, Irjen Wahyu Widada.

Dalam TR tersebut, Irwasda Polda Lampung, Kombes Pol Eddy Hermanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Irbidjemenopsnal II Itwil I Itwasum Polri. Jabatan ditinggalkan bakal diisi oleh Kombes Pol Sustri Bagus Setiawan, sebelumnya menjabat Irbidjemen SDM II Itwil III Itwasum Polri.

Sementara Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolresta Tangerang Polda Banten. Posisi itu akan diduduki Kombes Pol Medyanta, sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Kepri.

Baca Juga: BIN Lampung: Kuota Vaksin untuk Lampung 800 Ribu Dosis

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya