Kapolda Lampung Beri Penghargaan Sekolah Perwira Aiptu Supriyanto

Pulangkan temuan uang Rp100 juta

Intinya Sih...

  • Aiptu Supriyanto kembalikan uang Rp100 juta yang tertinggal di toilet rest area JTTS KM 116 A.
  • Kapolda Lampung memberikan penghargaan dan apresiasi atas kejujuran Aiptu Supriyanto.
  • Aiptu Supriyanto akan diberikan kesempatan untuk mengikuti sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri sebagai bentuk apresiasi.

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika memberikan penghargaan sekaligus mengapresiasi tindakan anggota Polres Lampung Tengah, Aiptu Supriyanto mengembalikan temuan uang Rp100 juta.

Uang tunai dalam tas itu diketahui milik seorang pemudik sempat tertinggal di kamar mandi rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) KM 116 A.

"Kami amat bangga dengan keberanian dan kejujuran Aiptu Supriyanto. Tindakannya tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat dengan segenap hati," ujar Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: Polisi Lamteng Kembalikan Tas Pemudik Berisi Ratusan Juta Rupiah

1. Diberikan sekolah perwira

Kapolda Lampung Beri Penghargaan Sekolah Perwira Aiptu SupriyantoKapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika. (Dok. Polda Lampung).

Menurut Helmy, tindakan dilakukan Aiptu Supriyanto merupakan contoh nyata atas dedikasi dan integritas tinggi dalam menjalankan tugas sebagai insan Polri.

Sebagai bentuk apresiasi, Aiptu Supriyanto akan diberikan kesempatan untuk mengikuti sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri pada akhir 2024.

"Saya yakin, Aiptu Supriyanto adalah calon pemimpin yang berpotensi dan memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta marwah Polri di Lampung," imbuh Kapolda.

2. Diharapkan jadi contoh bagi anggota Polri dan masyarakat

Kapolda Lampung Beri Penghargaan Sekolah Perwira Aiptu SupriyantoApel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Melalui penghargaan ini, Helmy berharap tindakan telah dilakukan Aiptu Supriyanto akan menjadi inspirasi sekaligus contoh nyata bagi seluruh anggota kepolisian di Lampung, termasuk masyarakat umum.

"Ini adalah contoh untuk kita selalu bertindak dengan jujur dan integritas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

3. Peristiwa temuan terjadi H+4 Lebaran

Kapolda Lampung Beri Penghargaan Sekolah Perwira Aiptu Supriyantoilustrasi uang (unsplash.com/Mufid Majnun)

Peristiwa temuan uang Rp100 juta ini bermula saat Aiptu Supriyanto, anggota Polri berjaga di rest area JTTS KM 116 A pada wilayah hukum Polres Lampung Tengah menemukan tas seorang pemudik tertinggal di toilet, Minggu (14/4/2024).

Tas pemudik itu digantung pada paku tembok toilet. Saat ditemukan, Aiptu Supriyanto tak berani membuka tas tersebut sendirian dan membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB Rest Area dan ternyata berisi uang Rp100 ribuan beserta paspor dan handphone.

Alhasil, Aiptu Supriyanto mengumumkan temuan itu menggunakan TOA masjid di rest area setempat didengar hingga dijemput sang pemilik tas yakni, Sukisno (55), seorang pemudik hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa.

Baca Juga: Antisipasi Pelemparan Batu di Jalan Tol, Polisi Gencarkan Patroli

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya