Jokowi ke Lampung 2 September, Soroti Penanganan Pandemik COVID-19? 

Masyarakat diimbau tidak berkerumun

Bandar Lampung, IDN Times - Masyarakat Peduli Demokrasi dan Hukum (MPDH) Lampung menyambut baik rencana kedatangan Presiden RI ke-7 Joko 'Jokowi' Widodo ke Provinsi Lampung, Kamis, (2/9/2021) mendatang.

Ketua MPDH Lampung, Jupri Karim mengatakan, kedatangan orang nomor 1 di Republik Indonesia tersebut mampu menjadi angin segar dan kabar gembira bagi masyarakat Lampung di tengah penanggulangan pandemik COVID-19.

"Lampung adalah bagian dari titik sangat krusial untuk diperhatikan oleh pemerintah pusat, karena masalah COVID-19 kita menjadi daerah paling tinggi tingkat kematiannya dan terendah vaksinasinya," ujar Jupri, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Peringati Upacara HUT ke-76 RI, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung

1. Masyarakat umum diimbau tidak berkerumun

Jokowi ke Lampung 2 September, Soroti Penanganan Pandemik COVID-19? Ketua MPDH Lampung, Jupri Karim (IDN Times/Istimewa)

Jupri melanjutkan, kehadiran Jokowi adalah langkah solutif untuk menyemangati masyarakat Lampung tengah mengalami tingkat kelesuan di semua sektor. Itu terutama dibidang ekonomi, akibat pandemik COVID-19 di Tanah Air.

Namun tetap, protokol kesehatan (prokes) harus menjadi perhatian utama dalam hal pelaksanaan kegiatan kunjungan ini.

"Kita imbau masyarakat umum untuk tidak berkerumun, mengingat Lampung masih dalam kategori zona merah dan masih dalam suasana PPKM Level 4 dan 3," ucap dia.

2. Sudah seharusnya pemimpin hadir di tengah masyarakat

Jokowi ke Lampung 2 September, Soroti Penanganan Pandemik COVID-19? Presiden Jokowi kunjungan kerja ke NTT (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebagai daerah terkenal akan sifat aseptif dan ramah-tamah, Jupri menyampaikan, Lampung memiliki kebanggaan tersendiri, karena kunjungan ini menjadi kesekian kalinya pimpinan negara menyambangi provinsi berslogan Sai Bumi Ruwa Jurai.

"Sudah saatnya, sejak awal reformasi bergulir masyarakat merindukan pemimpin yang selalu hadir di tengah-tengah rakyat apalagi dalam suasana kesulitan seperti saat ini," imbuhnya.

3. Kedatangan RI 1 memiliki arti penting

Jokowi ke Lampung 2 September, Soroti Penanganan Pandemik COVID-19? Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terkait kekhawatiran beberapa pihak akan terjadinya pemicu kerumunan, Jupri meyakinkan, tim pemerintah pusat bersama pemerintah daerah telah memikirkan hal tersebut dengan matang, perihal teknis pengamanan di Lapangan.

Ia pun kembali mengingatkan, kunjungan ini memiliki arti penting bagi seluruh masyarakat Provinsi Lampung.

"Sudah selayaknya kita menjadi skala prioritas oleh pemerintah, agar dapat meminimalisasi masalah-masalah yang ada. Ini terutama di masa pandemik COVID-19 ini," tandas Jupri.

Baca Juga: Sarat Makna! Pakaian Adat Lampung Pepadun Dipakai Jokowi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya