Jelang Ramadan, Kapolda Lampung Imbau Warga Tak Panic Buying Beras

Pastikan ketersediaan stok beras aman

Intinya Sih...

  • Imbauan Kapolda Lampung agar masyarakat tidak panic buying beras jelang Ramadan 2024
  • Ketersediaan stok beras di Provinsi Lampung masih sangat mencukupi, baik di pasar tradisional maupun retail modern
  • Satgas Pangan Polda Lampung memonitoring ketersediaan dan harga beras untuk menjaga stabilitas pasokan pangan selama bulan Ramadan

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembelian beras secara berlebihan alias panic buying. Imbauan itu disampaikan Kapolda Lampung jelang bulan Ramadan 2024/1445 Hijriah diperkirakan bakal pekan depan. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang mempersiapkan dalam rangka Ramadan, belilah beras secukupnya tidak perlu beli dengan jumlah berlebih. Stok ketersediaannya ada," ujarnya saat dimintai keterangan, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga: Ramadan 2024, Tempat Hiburan Malam Bandar Lampung Dilarang Beroperasi

1. Tersedia di pasar hingga retail modern

Jelang Ramadan, Kapolda Lampung Imbau Warga Tak Panic Buying BerasStok dan harga beras di pasar tradisional Kota Bandar Lampung hingga pengujung Februari 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berdasarkan hasil pemantauan, Helmy memastikan ketersediaan stok beras di Provinsi Lampung masih sangat mencukupi. Stok itu tersebar di pasar-pasar tradisional hingga retail modern seperti mini maupun super market.

Stok beras masih sangat memadai untuk mengakomodir kebutuhan pangan masyarakat Lampung selama Ramadan hingga Idul Fitri tahun ini.

"Soal beras, sudah ada informasi masuk. Jadi kalau berbicara stok ketersediaan, saya bisa katakan masih cukup," imbuhnya.

2. Pantau distribusi dan harga

Jelang Ramadan, Kapolda Lampung Imbau Warga Tak Panic Buying BerasStok dan harga beras di pasar tradisional Kota Bandar Lampung hingga pengujung Februari 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Helmy menyampaikan, pihaknya melalui Satgas Pangan Polda Lampung akan terus memonitoring ketersediaan stok meliputi distribusi hingga harga beras di tengah-tengah masyarakat.

"Satgas Pangan Polda Lampung juga tetap turun ke lapangan untuk mengecek ketersediaan distribusi dan harga. Jadi bahan pokok, khususnya beras di Lampung aman," jelas dia.

3. Bahan pokok harus berjalan lancar

Jelang Ramadan, Kapolda Lampung Imbau Warga Tak Panic Buying BerasPantauan harga beras di Pasar Pasir Gintung, Senin (4/3/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Helmy menambahkan, kepolisian daerah dan jajaran akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait lainnya di Provinsi Lampung, agar distribusi bahan pokok berjalan lancar dan stabil.

"Dalam hal ini, kami menekankan pentingnya kerja sama semua pihak dalam menjaga stabilitas pasokan pangan di Lampung selama bulan Ramadan," tandas jenderal bintang dua tersebut.

Baca Juga: Bazar Takjil Ramadan 2024 akan Digelar di Taman UMKM Bung Karno

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya