Jelang Jadwal Perdana, Kemenag Lampung Pastikan Kesiapan Haji 2024

Minta jemaah jaga kondisi kesehatan dan tepat waktu

Intinya Sih...

  • Kantor Wilayah Kemenag Lampung mematangkan proses pemberangkatan jemaah haji agar lebih lancar dan baik dibanding tahun sebelumnya.
  • Jemaah diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan lebih awal, untuk memastikan kondisi jemaah yang berangkat ke Tanah Suci lebih sehat dan prima.
  • Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Lampung meminta agar setiap jemaah di masing-masing kelompok terbang (Kloter) bisa tertib dan tepat waktu.

Bandar Lampung, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) proses Lampung gencar mematangkan persiapan proses pemberangkatan para jemaah haji 1445 H/2024 M agar berjalan lancar.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo mengatakan, pihaknya terus berbenah supaya proses pemberangkatan pada musim haji di tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya, sehingga telah dilakukan banyak perbaikan dan evaluasi.

"Tahun lalu, kendala kita pada bio visa, sekarang sudah lancar, per visa-an telah beres 100 persen baik petugas maupun jemaah. Berbeda dari tahun lalu, visa petugas maupun jemaah hingga jadwal keberangkatan tiba masih banyak yang belum terbit,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (10/5/2024).

1. Istithaah pemeriksaan kesehatan dilakukan lebih awal

Jelang Jadwal Perdana, Kemenag Lampung Pastikan Kesiapan Haji 2024Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo. (Dok. Kanwil Kemenag Lampung).

Bukan hanya dari kesiapan dokumen, Puji melanjutkan, pada tahun-tahun sebelumnya pemeriksaan istithaah baru dilakukan bagi jemaah telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih), baru dilakukan pengecekan kesehatan.

Namun pada pelaksanaan musim haji di tahun ini, seluruh calon jemaah diwajibkan lebih awal melaksanakan istithaah terlebih dahulu, baru melakukan perlunasan Bipih.

“Dengan terlebih dahulu melakukan istithaah, diharapkan, kondisi para jemaah yang berangkat ke Tanah Suci ini dipastikan lebih sehat dan prima,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Tempat Beli Pizza Otentik dan Premium di Lampung!

2. Minta para calon jemaah haji tetap jaga kesehatan

Jelang Jadwal Perdana, Kemenag Lampung Pastikan Kesiapan Haji 2024Ilustrasi potret keberangkatan jemaah haji Indonesia. (Dok. Kemenag).

Mendekati pemberangkatan perdana para jemaah Embarkasi Antara Provinsi Lampung ini, Puji menyampaikan, pihaknya berharap para jemaah bisa terus memprioritaskan kondisi kesehatan. Mengingat, tahun ini masih banyak jemaah usia lanjut hingga urusan stamina harus dijaga dengan baik.

Selain itu, ia juga mengingat Kanwil Kemenag di kabupaten/kota agar pelaksanaan kegiatan pelepasan dilakukan secara sederhana, dengan mengurangi acara-acara seremonial.

"Seremonial yang sekiranya tidak diperlukan dan memakan waktu, sudah kami minta agar bisa ditiadakan," katanya.

Lebih lanjut ia juga berharap kepada Kemenag kabupaten/jota untuk berkoordinasi dengan stakeholder terkait, semisal pemerintah daerah dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). "Pastikan para jemaah berangkat dari kediamannya tidak berkepanjangan waktunya," tambah dia.

3. Imbau kloter datangi asrama haji tepat waktu

Jelang Jadwal Perdana, Kemenag Lampung Pastikan Kesiapan Haji 2024Ilustrasi keberangkatan jemah haji. (Dok. Kemenag Lampung).

Ihwal kesiapan secara teknis kedatangan jemaah, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Lampung, Anshori meminta agar setiap jemaah di masing-masing kelompok terbang (Kloter) bisa tertib dan tepat waktu.

Khususnya, kloter pertama JKG 03 Bandar Lampung telah dijadwalkan mulai tiba di Asrama Haji 11 Mei 2024. Kemudian dilanjutkan penerbangan perdana sehari kemudian.

“Kedatangan jemaah JKG 03 Bandar Lampung akan berbeda dengan kabupaten/kota lain yang datang dengan kolektif, untuk Bandar Lampung akan tiba secara perorangan. Imbauan kami kepada para jemaah agar datang tepat waktu tidak datang jauh lebih awal dan tidak juga terlambat, demi kelancaran pelayanan," tandasnya Anshori.

4. Rute penerbangan dan pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Antara Provinsi Lampung

Jelang Jadwal Perdana, Kemenag Lampung Pastikan Kesiapan Haji 2024Jemaah beribadah depan Kakbah (IDN Times/Sunariyah)

Sebagai informasi, para jemaah haji mulai memasuki Asrama Haji Embarkasi Antara Provinsi Lampung pada 11 Mei 2024 pukul 08.00 WIB. Kloter pertama JKG 03 Bandar Lampung terdiri dari 385 jemaah, 3 Pembimbing Haji Daerah (PHD), dan 5 petugas kloter. Total 393 orang.

Pada musim haji tahun ini, jemaah haji Embarkasi Antara Provinsi Lampung terbagi dalam 19 kloter. Gelombang pertama 10 kloter, 8 kloter pertama akan mendarat di Madinah, 2 kloter terakhir (9 dan 10) mendarat di Jeddah. Lalu melanjutkan perjalanan ke Madinah via bus dan baru diberangkatkan ke Mekkah.

Kemudian 9 sisa kloter lainnya, masuk pemberangkatan gelombang kedua, para jemaah akan mendarat di Jeddah langsung menuju Mekkah, Miqot bisa dilakukan di pesawat atau di Jeddah.

Baca Juga: Modus Duplikat Kunci, Sindikat Pencuri Mobil Bandar Lampung Ditangkap

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya