Insiden Lift Jatuh di Lampung Bay City, DPRD Tinjau Ulang Izin Proyek

6 dari 9 korban dinyatakan pulih

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung menyoroti insiden lift yang jatuh di Lampung Bay City, Jalan Yos Sudarso nomor 44, Kecamatan Bumi Waras, hingga mengakibatkan sembilan korban pekerja luka-luka.

Anggota Komisi I DPRD Bandar Lampung, Hermawan mengatakan, peristiwa itu telah menjadi perhatian khusus pihak legislatif. Insiden jatuhnya lift dari lantai 21 tersebut merupakan kecelakaan kerja akibat kelebihan kapasitas.

"Kecelakaan kerja bukan kali ini saja, tapi sudah pernah terjadi di Maret lalu. Kita masih ingat, waktu itu dua pekerja mengalami kecelakaan dan salah satunya meninggal dunia," ujar Hermawan, Jumat (19/11/2021).

1. Kaji kelalaian yang mengakibatkan kecelakaan kerja

Insiden Lift Jatuh di Lampung Bay City, DPRD Tinjau Ulang Izin ProyekDisnaker Provinsi Lampung meminta perusahaan pengembangan mega proyek 'Lampung Bay City' menghentikan kelanjutan pembangunan sementara waktu. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Herman mengungkapkan, pihaknya bakal mengkaji ulang izin pembangunan dan melihat kelayakan penerapan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3) di perusahaan.

"Nanti kita kaji kelalaiannya sehingga bisa terjadi kecelakaan. Bila ditemukan ada protap aturan dilanggar oleh pelaksana proyek, tentu nantinya akan dipanggil DPRD bersama dengan dinas terkait menyoal hal ini," imbuh dia.

Komisi I bersama Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung juga telah menjadwalkan meninjau langsung mega proyek tersebut. "Jelas kita bakal melihat kelalaian apa yang dilanggar," sambung dia.

Baca Juga: Diduga Lift Rusak, 9 Pekerja Proyek Lampung Bay City Terluka

2. Total 10 saksi telah dimintai keterangan

Insiden Lift Jatuh di Lampung Bay City, DPRD Tinjau Ulang Izin ProyekKasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Devi Sujana. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Devi Sujana menginformasikan, kepolisian masih mendalami peristiwa yang terjadi pada 11 November 2021 tersebut.

"Saksi sudah diperiksa sekitar 10 orang, mulai dari saksi di TKP dan pihak-pihak bersangkutan," ucapnya.

Polisi juga memanggil perusahaan pengembang, hingga Dinas Tenaga Kerja Kota Bandar Lampung. "Alhamdulillah korban di dalam lift sudah kami periksa juga," sambung Devi.

3. Sebanyak enam korban sudah dinyatakan pulih

Insiden Lift Jatuh di Lampung Bay City, DPRD Tinjau Ulang Izin ProyekDisnaker Provinsi Lampung meminta perusahaan pengembangan mega proyek 'Lampung Bay City' menghentikan kelanjutan pembangunan sementara waktu. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Devi menyampaikan, sembilan total pekerja yang menjadi korban menjalani perawatan di Rumah Sakit Budi Medika. Namun rnam orang di antaranya telah dinyatakan pulih.

"Korban sekarang tinggal sisa tiga pekerja yang dirawat di rumah sakit, lainnya sudah diperbolehkan pulang ke rumah," tandas dia.

Baca Juga: Panggil Pihak Terkait, Polisi Selidiki Lift Jatuh di Lampung Bay City

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya