Ini Penjelasan ASDP Bakauheni Soal Penumpukan Kendaraan di Dermaga 3

Sudah koordinasi dengan ASDP dan BPTD di Merak

Intinya Sih...

  • Penumpukan kendaraan terjadi di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni akibat penerapan pola Tiba Bongkar Berangkat (TBB) dan padatnya arus lalu lintas di Pelabuhan Merak.
  • ASDP Cabang Bakauheni bersama BPTD telah berkoordinasi dengan otoritas Pelabuhan Merak untuk merubah skema pola TBB dengan melakukan pemuatan langsung ke dalam kapal setibanya di Pelabuhan Bakauheni.
  • Penumpukan kendaraan angkutan berat sudah teratasi, namun pada H-4 Lebaran terjadi antrean panjang kendaraan truk dan pribadi roda empat di dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni.

Lampung Selatan, IDN Times - ASDP Cabang Bakauheni angkat bicara ihwal peristiwa penumpukan kendaraan angkutan berat memakan waktu sampai belasan jam terjadi di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni.

GM ASDP Cabang Bakauheni, Capt Rudi Sunarko mengatakan, penumpukan kendaraan terjadi akibat penerapan pola Tiba Bongkar Berangkat (TBB) dikarenakan kondisi arus lalu lintas di Pelabuhan Merek tergolong padat kendaraan.

"Tadi menang sedikit terjadi penumpukan di dermaga tiga, itu akibat dari pola Tiba Bongkar Berangkat. Tentunya ini dilakukan karena di Pelabuhan Merak cukup padat," ujarnya saat dimintai keterangan, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga: Delaying System Jurus Polda Lampung Cegah Kepadatan Arah Bakauheni

1. Sudah koordinasi dengan ASDP dan BPTD di Merak

Ini Penjelasan ASDP Bakauheni Soal Penumpukan Kendaraan di Dermaga 3Suasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menindaklanjuti kondisi tersebut, Rudi menyampaikan, pihaknya bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Bakauheni telah berkoordinasi dengan pihak otoritas Pelabuhan Merak.

"Iya, kami sudah berkoordinasi dari pihak kami ASDP dan BPTD Lampung dengan pihak merak, untuk melakukan pola tiba bongkar berangkat tersebut," ucapnya.

2. Ubah pola TBB menjadi tiba langsung dilakukan pemuatan

Ini Penjelasan ASDP Bakauheni Soal Penumpukan Kendaraan di Dermaga 3Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika meninjau Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Seiring hasil koordinasi dimaksud, Rudi melanjutkan, pihaknya bersama BPTD di Pelabuhan Bakauheni sudah merubah skema pola TBB tersebut dengan langsung dilakukan pemuatan ke dalam kapal setibanya di Pelabuhan Bakauheni.

"Kita rubah lagi, jadi setelah tiba di sini tetap melakukan pemuatan. Ini hasil koordinasi bersama kepolisian, KSOP, BPTD, dan ASDP, tentunya juga dengan pihak Pelabuhan Merak," imbuh dia.

Pihaknya memastikan penumpukan kendaraan angkutan berat di dermaga tiga sudah teratasi. "Seperti sudah teman-teman lihat, tadi semua kendaraan sudah terangkut dan normalisasi lagi," sambungnya.

3. Kondisi penumpukan kendaraan di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni

Ini Penjelasan ASDP Bakauheni Soal Penumpukan Kendaraan di Dermaga 3Ilustrasi Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. (IDN Times/Martin L Tobing).

Dalam peristiwa ini angkutan kendaraan barang mengalami penumpukan dan antrean panjang di dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada H-4 Lebaran tepatnya Sabtu (6/4/2024).

Pantauan IDN Times mulai pukul 12.00-13.00 WIB, terlihat antrean panjang terjadi pada sisi jalur kendaraan naik kapal pada dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni. Penumpukan itu dialami sebagaimana besar angkutan barang atau kendaraan truk, termasuk pada sisi jalur kendaraan pribadi roda empat.

Pada bagian depan antrean kendaraan, sejumlah sopir nampak berkumpul dan komunikasi dengan petugas ASDP setempat. Seorang sopir di antaranya mengaku bahkan sudah mengantre sejak pukul 02.00 WIB dini hari.

Baca Juga: Sopir Truk Mengeluh, Antre 12 Jam di Pelabuhan Bakauheni!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya