Ini Cara BNN Cegah Peredaran Narkoba dan Penyebaran COVID-19 di Metro

Kegiatan dilakukan di pemukiman Hadimulyo Barat, Metro Pusat

Metro, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Metro menggelar penyuluhan keliling dan sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan penyebaran COVID-19. Kegiatan itu digelar di wilayah permukiman Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro.

Kepala BNN Kota Metro, Saut Siahaan, mengatakan, kegiatan itu merupakan langkah pihaknya menindaklanjuti surat edaran Deputi Pencegahan BNN RI Nomor SE/38/IV/DE/PC.00/2020/BNN dan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-
726/M.Sesneg/Set/HL.01.00/09/2020 tanggal 23 September 2020. Itu perihal Kewaspadaan Terhadap Situasi Covid-19.

"Ini pesan kita War On Drugs, agar masyarakat Kota Metro memerangi narkoba, sehingga terciptanya sebagai Kota Pendidikan yang bersinar (bersih narkoba)," ucap Saut, Rabu (3/3/2021).

1. Pemahaman dan pengetahuan bahaya penyalahgunaan narkoba dan penularan Virus COVID-19

Ini Cara BNN Cegah Peredaran Narkoba dan Penyebaran COVID-19 di MetroBNN Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

Saut mengatakan, berlangsung kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pada masyarakat pentingnya mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba dan penularan Virus COVID-19 di tengah masa pandemik.

Oleh karena itu, pihaknya pun berharap mampu menciptakan sikap dan pola pikir tangkal kedua hal itu. "Ini bukan saja tentang Kota Metro, tapi demi terwujudnya Lampung Bersinar Menuju Indonesia Emas tahun 2045," imbuhnya.

2. Kegiatan dilakukan menggunakan pengeras suara

Ini Cara BNN Cegah Peredaran Narkoba dan Penyebaran COVID-19 di Metrounsplash.com/Ana Flávia

Saut Siahaan, mengatakan, tim bertugas melaksanakan kegiatan itu dilakukan dengan menggunakan pengeras suara dari kendaraan Unit Deteksi Dini BNN Kota Metro. Itu berdasarkan Surat Perintah Kepala BNN Kota Metro No Sprin/20/II/Ka/Su.07/2021/BNNK-MTR, 2 Februari 2021, tepat, Selasa (2/3/2021) jam 09.00 WIB.

"Adapun yang disampaikan kiat memberi pesan hidup sehat tanpa narkoba dan himbau serta kewaspadaan terhadap COVID-19," jelasnya.

Saut melanjutkan, tim sosialisasi juga mengingatkan kepada warga masyarakat daerah setempat, agar selalu disiplin mematuhi anjuran atau protokoler pemerintah. Itu terkait penanganan pandemik COVID-19 situasi new normal agar masyarakat mematuhi Prokes 3M.

"Menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menggunakan master bila beraktivitas. Jangan lupa juga, melakukan olahraga secara teratur dan segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat, jika didapati gejala-gejala seperti demam, batuk, dan flu," pesan Saut.

3. BNN Kota Metro mengkampayekan pesan #hidup100persen

Ini Cara BNN Cegah Peredaran Narkoba dan Penyebaran COVID-19 di MetroBNN

Pria kelahiran Pematang Siantar 22 Desember 1963 ini, mengatakan, pihaknya mengkampayekan pesan #hidup100persen.

"Jadi kita harus sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba War On Drugs," tandas Saut.

Baca Juga: Kurir Sabu 4 Kg Diupah Rp60 Juta, Ditangkap di Jalintengsum Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya