Ingin Bebaskan Teman di Penjara, Orang Tak Dikenal Bersenpi Serbu Polres

Diduga hendak bebaskan tahanan Mako

Pringsewu, IDN Times - Sekelompok orang tak dikenal meringsek masuk ke kantor Polres Pringsewu. Aksi itu diduga dilakukan guna membebaskan salah satu rekan kelompok tersebut, yang ditangkap atas kasus tindak pidana.

Berdasarkan informasi diterima IDN Times, para pelaku menyambangi kantor Mapolres Pringsewu mengendarai sepeda motor dan membekali diri dengan senjata api. Upaya itu sempat dihadang petugas penjaga berseragam dinas lengkap, namun berhasil lolos.

Beruntung, penjagaan kantor Mapolres Pringsewu berlapis berhasil mengagalkan upaya paksa tersebut. Alhasil, para pelaku mampu dilumpuhkan Tim Tindak Satreskrim Polres Pringsewu, yang langsung digiring ke ruang pemeriksaan guna menjalani proses penyidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Pringsewu, Ibu dan Anak Tewas Ditabrak Dump Truk

1. Aksi serangan disebut bagian latihan simulasi pengamanan Mako

Ingin Bebaskan Teman di Penjara, Orang Tak Dikenal Bersenpi Serbu PolresPetugas Polres Pringsewu melumpuhkan aksi kelompok orang tak dikenal bersenjata api memaksa masuk Mako Polres Pringsewu. (Dok. Polres Pringsewu).

Wakapolres Pringsewu, Kompol Doni Dunggio membenarkan ihwal aksi sekelompok orang tak dikenal tersebut. Namun demikian, dijelaskan olehnya kejadian itu merupakan salah satu rangkaian latihan simulasi Sistem Pengamanan Mako, Rabu (1/3/2023).

Latihan simulasi itu bertujuan agar seluruh personel Polres Pringsewu lebih sigap dan cekatan melaksanakan pengamanan Mako Polres Pringsewu.

"Sispam Mako ini mengantisipasi dan mencegah terjadinya pengerusakan maupun serangan fisik, terhadap Markas Polri dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab," ucap wakapolres.

2. Upaya memantapkan cara bertindak penanganan aksi anarkis

Ingin Bebaskan Teman di Penjara, Orang Tak Dikenal Bersenpi Serbu PolresPotret para pejabat Polres Pringsewu. (Dok. Polres Pringsewu).

Kabag Ops Polres Pringsewu, Kompol Kisron menambahkan, kegiatan simulasi sistem pengamanan markas komando (Sispam Mako) itu diikuti oleh seluruh personel Polres Pringsewu.

Ia pun berharap, latihan ini dapat memantapkan kembali tentang cara bertindak maupun SOP penanganan tindakan anarkis, sehingga meminimalisir kesalahan pada anggota di lapangan.

“Setiap kendala yang dihadapi pada simulasi ini akan menjadi bahan evaluasi kami, agar ke depannya bisa lebih maksimal lagi dalam melaksanakan pengamanan," imbuhnya.

3. Mako baru diresmikan penghujung Januari 2023

Ingin Bebaskan Teman di Penjara, Orang Tak Dikenal Bersenpi Serbu PolresPotret Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat meresmikan Mako Polres Pringsewu. (Dok. Humas Polda Lampung).

Kapolda Lampung, Irjen Akhmad Wiyagus diketahui baru saja meresmikan gedung baru Mako Polres Pringsewu terletak di Kompleks Perkantoran Pemkab Pringsewu, Selasa (31/1/2023) lalu.

Kegiatan itu dihadiri Wakapolda Lampung, Brigjen Polisi Umar Efendi beserta pejabat utama Polda Lampung. Termasuk Pj Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah dan Ketua DPRD, Suherman.

Peresmian gedung tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di depan pintu masuk Mako Polres Pringsewu oleh Kapolda Lampung.

Baca Juga: Polres Pringsewu Beber Motif Ayah Tega Cabuli Anak Kandung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya