Hore! Diskon BBM Pertalite Seharga Premium Terealisasi di Lampung

Catat ya periode Program Langit Biru di 27 SPBU

Bandar Lampung, IDN Times - Diskon Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite setara harga Premium di Lampung akan segera terealisasi. Itu seiring adanya Program Langit Biru (PLB) yang diusung oleh PT Pertamina (Persero).

PLB merupakan program pemerintah dalam mengendalikan pencemaran udara, terutama bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dan mengurangi emisi gas buang melalui edukasi.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan, mengatakan, rencana ini digagas untuk mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas yang ramah lingkungan.

"Implementasi dari PLB di Kota Bandar Lampung ini yaitu dengan memberikan pengalaman baru bagi konsumen, untuk menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), dengan harga khusus setara harga Premium (RON 88) yaitu Rp6.450 per liter, bagi konsumen kendaraan roda dua, roda tiga dan kendaraan umum plat kuning," ujarnya, Minggu (7/3/2021). 

1. PLB direncanakan mulai 14 Maret 2021 dan akan tersedia di 27 SPBU Kota Bandar Lampung

Hore! Diskon BBM Pertalite Seharga Premium Terealisasi di LampungSPBU (IDN Times/Istimewa)

Umar Ibnu, mengatakan, diskon harga Pertalite setara Premium ini direncanakan berlangsung selama enam bulan ke depan. Potongan harga akan dievaluasi setiap dua bulan. Program ini, rencananya akan dimulai Minggu, (14/3/2021) mendatang.

"Nantinya akan ada 27 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bandar Lampung, yang siap mengikuti Program Langit Biru," ucapnya. 

Baca Juga: Warga Panjang Bandar Lampung Ubah Sampah Plastik Bernilai Ekonomis

2. Pentingnya dukungan masyarakat pengguna BBM terhadap PLB

Hore! Diskon BBM Pertalite Seharga Premium Terealisasi di LampungPertemuan Pertamina dengan pemerintah Kota Bandar Lampung, (IDN Times/Istimewa)

Ibnu Umar, mengklaim, pihaknya juga telah mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah stakeholder terkait terhadap program PLB. Mulai dari Pemerintah Daerah, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pengusaha SPBU.

Kendati demikian, program ini juga mutlak harus mendapatkan dukungan dari masyarakat pengguna BBM. Mengingat, masih ada beberapa pengguna kendaraan, yang kerap kali menggunakan BBM tidak sesuai spesifikasi kendaraannya. "Kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan, juga turut membantu suksesnya PLB ini," tukas Ibnu Umar

3. Aplikasi MyPetamina tawarkan promo pada setiap pelanggan setianya

Hore! Diskon BBM Pertalite Seharga Premium Terealisasi di LampungInstagram.com/@mypertamina

Berdasarkan peraturan Menteri KLHK No.20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (minimal RON 91), PT Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM, dengan Research Octan Number (RON) lebih tinggi. Pasalnya, selain meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang.

Ibnu Umar, mengatakan, penggunaan BBM RON tinggi juga dapat meningkatkan kinerja mesin kendaraan."Tentunya, ini semua akan diringi dengan tingkat polusi semakin rendah di Indonesia," tukas Ibnu Umar

Tidak hanya itu, setiap pelanggan setia PT Pertamina yang melakukan pembelian BBM Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite, dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, bisa dapatkan promo sebesar Rp300 per liter, tanpa batas maksimal pada periode tanggal 1 hingga 31 Maret 2021. "Aplikasi MyPertamina dapat diunduh di Playstore maupun App Store," kata Ibnu. 

4. Bunda Eva berkomitmen mendukung dan melaksanakan PLB

Hore! Diskon BBM Pertalite Seharga Premium Terealisasi di LampungPertamina & Bunda Eva, (IDN Times/Istimewa)

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, berkomitmen mendukung dan siap melaksanakan PLB, untuk terciptanya kualitas udara dan lingkungan yang lebih baik. Ia juga berjanji, bakal membantu mensosialisasikan PLB kepada masyarakat Kota Bandar Lampung.

"Semoga Pertamina bisa menyampaikan sampai kebawah (level masyarakat), hingga orang Lampung bisa memahami perubahan ini. Mengingat konsumsi BBM di Bandar Lampung juga cukup tinggi," terang Bunda Eva, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Harga Pertalite Setara Premium untuk Masyarakat Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya