Hari Pertama Larangan Mudik, Pospam Sukarame Putar Balik 5 Kendaraan

Empat bus angkutan dan satu mini bus

Bandar Lampung, IDN Times - Penyekatan di masa penerapan aturan peniadaan mudik Lebaran 2021 di Kota Bandar Lampung, telah diberlakukan mulai Kamis (6/5/2021) pukul 00.00 WIB. Dari penyekatan itu, petugas di Pos Pengamanan (Pospam) Sukarame ada enam kendaraan transportasi diminta putar balik.

Perwira Pengawasan (Pawas) Pos Pengamanan (Pospam) Penyekatan Sukarame, Achmad Ridhotama Sudirman mengatakan, hari pertama aturan pelarangan mudik tahun ini, pihaknya telah menghentikan total 65 kendaraan. Rinciannya, 57 mobil mini bus dan 8 bus angkutan.

"Hingga saat ini, kita sudah meminta 5 kendaraan putar balik arah tujuan. Empat di antaranya merupakan bus angkutan dan satu lainnya adalah mini bus roda empat," ujar Ridho.

Baca Juga: Gubernur Lampung: Mudik Lokal Boleh, tapi Ada Satu Syarat

1. Kendaraan diminta putar balik karena tidak mengantongi surat keterangan bebas COVID-19

Hari Pertama Larangan Mudik, Pospam Sukarame Putar Balik 5 KendaraanPospam wilayah Sukarame (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ridho menjelaskan, kendaraan-kendaraan yang diminta putar balik arah tersebut, mulai dari pengemudi hingga penumpang tidak mengantongi surat keterangan hasil tes bebas virus COVID-19.

"Mereka ini tidak bawa hasil swab PCR ataupun Antigen, jadi memang instruksi atau perintah yang diberikan pada kami sanksinya adalah putar balik. Untuk masalah penahanan atau penyitaan, itu bukan wewenang pihak Satgas COVID-19," imbuh dia.

Lanjutnya, pihaknya bersyukur karena penyekatan di Pos Sukareme berdampingan dengan Pospam Ops Ketupat Krakatau 2021 Polresta Bandar Lampung, sehingga apabila ada pengendara diindikasi melakukan tindak kriminalitas bisa segera ditindaklanjuti. "Kita tentu sangat dimudahkan berkat kerja sama dari kawan-kawan kepolisian," ucap Ridho.

2. Pospam wilayah Sukarame belum menemukan indikasi tindakan kriminalitas

Hari Pertama Larangan Mudik, Pospam Sukarame Putar Balik 5 KendaraanIlustrasi Kriminalitas (IDN Times/Mardya Shakti)

Karo Pospam Ops Ketupat Krakatau 2021 Polresta Bandar Lampung wilayah Sukarame, Iptu Hendra Irawan mengungkapkan, sesuai amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo terhadap pelaksanaan Ops Ketupat 2021, pihaknya bakal mengawal keamanan, kelancaran, dan ketertiban jalur lalu lintas di wilayah setempat.

"Kita di sini juga ditugaskan untuk bergabung dengan Tim Satgas COVID-19, untuk mengawasi titik penyekatan di jalur keluar pintu Tol wilayah Sukarame," ucapnya.

Ia melanjutkan, hingga kini Pospam Sukarame belum menemukan adanya indikasi tindak kriminalitas. "Selain putar balik (kendaraan), tidak ada apa-apa masih aman terkendali," ucap Hendra.

3. Pospam penyekatan dijaga 24 jam

Hari Pertama Larangan Mudik, Pospam Sukarame Putar Balik 5 KendaraanPospam wilayah Sukarame (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hendra juga mengatakan, tim gabungan terdiri dari personel Polri, TNI, Satgas COVID-19, dan BPBD Kota Bandar Lampung, yang bertugas di Pospam wilayah Sukarame juga bakal melakukan penjagaan ketat selama 24 jam, selama penerapan aturan larangan mudik Lebaran 2021.

"Umumnya, kita dibagi dua ke shift. Jadi penjagaan akan terus ada sampai 17 Mei 2021," tandasnya.

Baca Juga: Pemudik Terciduk tak Bawa Surat Bebas COVID-19, Dua Bus Diputar Balik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya