H-1 Natal, Bongkar Muat Kapal Pelabuhan Bakauheni Terpantau Normal

Polda Lampung dirikan 74 Pos Pengamanan

Lampung Selatan, IDN Times - Polda Lampung menginformasikan aktivitas penumpang dan bongkar muat kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan beroperasi normal. Pengawasan itu terpantau hingga H-1 perayaan Natar 2022 atau Sabtu (24/12/2022) sampai pukul 08.00 WIB.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, arus lalu lintas secara umum di jalan tol dan arteri menuju arah Bakauheni maupun sebaliknya dalan situasi hijau dengan kecepatan kendaraan 80-90 Km/jam alias lancar.

"Tidak ada terjadi kepadatan di jalan tol atau arteri akan masuk kapal di Pelabuhan Bakauheni. Cara bertindak situasi hijau diberlakukan yaitu, tidak ada buka tutup jalur," ujarnya saat dimintai keterangan.

Baca Juga: Penyeberangan Merak-Bakauheni Sempat Ditutup Akibat Cuaca Ekstrem

1. Pengguna jasa penyeberangan diminta beli tiket sebelum tiba di pelabuhan

H-1 Natal, Bongkar Muat Kapal Pelabuhan Bakauheni Terpantau NormalPelabuhan Penyeberangan Bakauheni. (dok. PT ASDP Indonesia Ferry)

Guna menjaga kelancaran arus lalu lintas tetap terjaga, Pandra meminta, agar masyarakat  dalam perjalanan mudik, dapat terlebih dulu membekali pembelian tiket online menggunakan aplikasi Ferizy.

Selain itu, ASDP juga telah membuka penjualan tiket di Rest Area KM 49 B, KM 87 B, dan KM 29 B maupun jalur arteri dibuka tempat penjualan tiket di Terminal Agribisnis Gayam dan Rumah Makan Tiga Saudara di Lintas Timur.

"Pemeriksaan screening tiket akan dilakukan di pos-pos telah didirikan petugas, bagi kendaraan belum memiliki tiket penyeberangan guna menuju Pelabuhan Bakauheni akan diputar balik," imbuh kabid humas.

2. Polda Lampung siapkan 74 Pos Pengamanan

H-1 Natal, Bongkar Muat Kapal Pelabuhan Bakauheni Terpantau NormalAntisipasi JTTS menyambut momen libur Nataru (IDN Times/Istimewa)

Terkai urusan pengamanan selama periode Nataru, Polda Lampung telah menyiapkan sebanyak 74 Pos Pengamanan (Pospam). Itu terdiri dari 55 Pospam, 18 Pos Pelayanan (Posyan), dan 1 Pos Terpadu.

Menurutnya, Posyan akan disiapkan pada titik-titik pelayanan kepada masyarakat akan melakukan mobilitas di semua moda transportasi, dengan tetap menerapkan prokes dan memberikan pelayanan kesehatan di terminal, stasiun KA, pelabuhan hingga bandara.

"Kami sudah menyiapkan pos-pos di titik-titik strategis, silahkan bagi para pemudik memanfaatkan layanan tersebut. Kami pastikan Polda Lampung siap mengawal pelaksanaan Nataru tahun ini," kata dia.

3. Minta pemudik tetap menjaga kondisi kesehatan

H-1 Natal, Bongkar Muat Kapal Pelabuhan Bakauheni Terpantau NormalPolda Lampung menginformasikan aktivitas penumpang dan bongkar muat kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan beroperasi normal. (Dok. ASDP Cabang Bakauheni).

Lebih lanjut Pandra turut mengimbau kepada masyarakat hendak melakukan liburan dan merayakan Nataru, dalam kondisi sehat serta prima. Namun bila merasakan lelah dalam perjalananan, bisa beristirahat di tempat-tempat aman seperti di rest area dan kantong kantong parkir telah disediakan di jalan arteri.

"Apabila membutuhkan dan menemukan suatu masalah, dapat melaporkan melalui aplikasi Super App dan Call Center Polri 110, serta kantor Polisi terdekat," tandas Kabid Humas.

Baca Juga: Pelabuhan Bakauheni Layani 233 Ribu Penumpang dan 51 Ribu Kendaraan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya