Gubernur Lampung Sinis Tanggapi Reklamasi Karang Maritim: Ada Apa Sih?

Ngaku tidak tahu soal kegiatan reklamasi

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menanggapi sinis ihwal kegiatan proyek reklamasi dilakukan PT Sinar Jaya Inti Mulya (SJIM) di pesisir Pantai Karang Jaya, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung.

"Ada apa sih ini urusannya, kamu pasti ada kepentingan di dalam hal ini. Kalau dia menguntungkan kepentingan rakyat, bangsa, dan daerah mengapa tidak gitu lho," ujarnya saat diwawancarai awak media usai membuka kegiatan Jambore Nasional Yayasan Jantung Indonesia (YJI) VII, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Belum Kantongi KKPRL, DKP Minta Reklamasi SJIM Dihentikan Sementara

1. Arinal ngaku tidak tahu kegiatan reklamasi di Pantai Karang Maritim

Gubernur Lampung Sinis Tanggapi Reklamasi Karang Maritim: Ada Apa Sih?Aktivitas reklamasi di pesisir Pantai Karang Jaya, Panjang, Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih jauh Arinal bahkan mengaku tidak tahu persis terkait kegiatan reklamasi dimaksud. Ia berdalih, bibir pesisir Pantai Panjang dikatakannya cukup luas.

"Reklamasi yang mana, reklamasi yang mana di Pantai Panjang itu kan panjang. Jadi yang mana, kalau pelabuhannya saya akan usahakan untuk reklamasi, tapi kalau di luar itu saya gak tahu," imbuhnya.

Arinal menyebut, masih perlu menanyai dan menelusuri lebih lanjut ke Dinas Perhubungan, padahal, sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lampung menyampaikan reklamasi itu sudah melalui izin gubernur Lampung. "Iya Karang Jaya saya gak hapal di mana. Nanti saja dibahas sama orang perhubungan, karena saya tidak semuanya menguasai urusan-urusan itu," tambah dia.

2. Sebut reklamasi akan berlangsung di Pelabuhan Panjang

Gubernur Lampung Sinis Tanggapi Reklamasi Karang Maritim: Ada Apa Sih?Pemudik roda dua di Pelabuhan Panjang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Arinal menyampaikan, proyek reklamasi dimaksud akan dirancang di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung. Sedangkan reklamasi di luar kegiatan itu tidak diketahuinya secara persis.

"Di Pelabuhan Panjang memang kita membutuhkan perluasan, kalau reklamasi yang lainnya saya udah gak ingat. Makanya ditanya berdasarkan apa, masa semuanya harus saya kasih tahu dengan anda semua," dalih Arinal.

3. Minta awak media tanyakan reklamasi ke kementerian

Gubernur Lampung Sinis Tanggapi Reklamasi Karang Maritim: Ada Apa Sih?Aktivitas reklamasi di pesisir Pantai Karang Jaya, Panjang, Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mengakhiri pernyataannya, Arinal pun meminta awak media menanyakan dan menelusuri kegiatan reklamasi di Pantai Karang Maritim kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Reklamasi yang sudah saya bilang itu Panjang, tapi ini ditanya dulu dengan KLH, baru konfirmasi ke saya. Ini kalian belum tahu tapi udah nanya ke saya," tandas gubernur.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya