Gubernur Lampung Minta Eva Dwiana Prioritaskan Tiga Pembangunan Ini

Musrenbang RKPD 2022 Pemkot Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Bandar Lampung Tahun 2022 di Gedung Aula Semergou, Pemerintah Kota Bandar Lampung, Senin (29/3/2021).

Kegiatan itu, mengusung tema Pemulihan Ekonomi Melalui Pemantapan Infrastruktur Perkotaan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Perdagangan, dan Jasa Serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Arinal mengatakan, prinsip dasar pembangunan Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung yaitu keterbukaan dan kebersamaan.

“Ini adalah amanah, karena program pembangunan tidak hanya bisa dilakukan oleh wali kota. Sebab, ini semua harus ada keterkaitan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan wali kota bersama jajarannya,” ujar gubernur.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Hentikan Proyek Pembangunan Lampung City

1. Program prioritas pembangunan kedepankan ekonomi, keamanan, dan transportasi

Gubernur Lampung Minta Eva Dwiana Prioritaskan Tiga Pembangunan Iniwisatasumatera.com

Kota Bandar Lampung sebagai salah satu daerah otonomi di wilayah Provinsi Lampung, kini sudah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025. Itu tertuang berdasarkan Perturan Daerah (Perda) Kota Bandar Lampung Nomor 10 Tahun 2007.

Oleh karena itu, Arinal mengingatkan, program prioritas pembangunan provinsi termasuk Kota Bandar Lampung adalah kebangkitan ekonomi, keamanan, dan transportasi.

“Mudah-mudah tahun depan, kita bisa memulai program pembangunan infrastruktur serentak di seluruh kabupaten/kota Provinsi Lampung. Pengembangan itu diharapkan mampu membangun pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

2. Musrenbang diharapkan rampungkan pembangunan di Kota Bandar Lampung

Gubernur Lampung Minta Eva Dwiana Prioritaskan Tiga Pembangunan IniCalon wali kota Bandar Lampung nomor urut 03, Eva Dwiana memberikan pernyataan kepada awak media, Rabu (6/1/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

RPJMD Kota Bandar Lampung tersebut bakal dijabarkan dalam masa kurun waktu 5 tahun ke depan dalam kepemimpinan periodisasi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana - Dedi Amarullah.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pelaksanaan kegiatan Musrenbang kali ini, guna merampungkan permasalahan pembangunan di Kota Bandar Lampung bersama-sama dengan pemerintah Provinsi Lampung.

“Musrenbang hari ini merupakan simpul akumulasi dari kegiatan perencanaan, telah dilaksanakan di tingkat kelurahan dan kecamatan se-Bandar Lampung. Disinkronisasi dengan perencanaan OPD serta berbagai aspirasi dari masyarakat, selanjutnya akan disusun,” imbuh Bunda Eva sapaan akrabnya.

3. Output diharapkan sesuai keinginan masyarakat Kota Bandar Lampung

Gubernur Lampung Minta Eva Dwiana Prioritaskan Tiga Pembangunan IniIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Bunda Eva berharap, hasil perencanaan Musrenbang bisa menjadi jalan keluar pembangunan RKPD Tahun 2022 untuk seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung. Selain itu, pembangunan ke depannya bisa benar-benar aspiratif, partisipatif, dan akomodatif.

“Harapan kita output hasil perencanaan pembangunan tahun akan datang, sesuai dengan harapan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Karyawan Swasta Bandar Lampung Bisa Vaksin Gratis? Ini Kata Eva Dwiana

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya