Gubernur Lampung Lantik Bupati-Wakil Bupati Pesisir Barat, Ini Pesannya

Agus Istiqlal dan Zulqoini resmi jabat bupati-wabup Pesibar

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi resmi melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan Agus Istiqlal dan Zulqoini Syarief, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat periode 2021-2024, di Balai Keratun Lantai III, Komplek Perkantoran Gubernur Lampung, Senin, (26/4/2021).

Pelantikan itu, merujuk Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Nomor 131.18-1035 tahun 2021 tentang Perubahan Keputusan Mendagri Nomor 131.18-252 tahun 2021 tentang Pengangkatan Pengesahan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Lampung.

"Semoga dapat menjalankan tugas dengan baik, dalam melaksanakan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Pesisir Barat,” ujar Arinal. 

1. Pelantikan penanda usainya rangkaian pesta demokrasi tahun 2020

Gubernur Lampung Lantik Bupati-Wakil Bupati Pesisir Barat, Ini PesannyaGubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik dan mengambil sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pesibar (IDN Times/Istimewa)

Arinal menyampaikan, dilantiknya bupati dan wakil bupati Pesisir Barat, penanda usainya rangkaian pesta demokrasi dari pemilihan serentak kepala daerah tahun 2020 di Provinsi Lampung.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar Pemkab setempat segera bersinergi melaksanakan dan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Jangka Panjang (RPJP). "Tentu, tujuannya untuk menjamin keselarasan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Anindya Bakrie ke Lampung, Soroti Sektor Pertanian dan Pariwisata

2. Ada tugas penting menanti

Gubernur Lampung Lantik Bupati-Wakil Bupati Pesisir Barat, Ini Pesannya

Orang nomor satu di Provinsi Lampung tersebut turut berpesan agar bupati dan wakil bupati baru saja dilantik, segera melaksanakan beberapa tugas penting dan strategis diantaranya yaitu, menyerahkan laporan akhir jabatan kepada Mendagri.

Kemudian melaksanakan pemerintahan sesuai ketentuan, meningkatkan pelayanan masyarakat, menangani urusan pemerintahan berdasarkan tugas wewenang yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Jangan lupa, lanjutkan juga kegiatan pembangunan di Pesisir Barat sesuai dengan tata kelola yang baik, maksimalkan penggunaan aplikasi berbasis digital dalam proses monitoring pelayanan publik, serta menjaga iklim yang kondusif antar elemen pemerintah," imbuh Arinal.

3. Pemerintah Provinsi Lampung siap mendukung pembangunan Kabupaten Pesisir Barat

Gubernur Lampung Lantik Bupati-Wakil Bupati Pesisir Barat, Ini PesannyaKantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Arinal menegaskan, Pemerintah Provinsi Lampung akan membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat. Caranya, memaksimalkan potensi-potensi ada di Pesisir Barat, seperti pariwisata dan lain-lainnya.

Ia juga mengingatkan kembali akan pentingnya penanganan wabah COVID-19 secara serius, terutama menghadapi momen hari raya Idul Fitri. Salah satunya perihal penerapan larangan mudik, sesuai surat edaran Pemerintah sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021.

"Provinsi Lampung juga sudah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Lampung Nomor 045.2/1308/07/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah Dan/Atau Kegiatan Mudik Dan/Atau Cuti Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease. Untuk saat ini, itulah acuan fokus utama kita dalam menangani permasalah COVID-19 di Lampung," papar Arinal.

4. Jibom Lampung pastikan pelantikan aman

Gubernur Lampung Lantik Bupati-Wakil Bupati Pesisir Barat, Ini PesannyaGubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik dan mengambil sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pesibar (IDN Times/Istimewa)

Satu Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung dipimpin Paops Jibom Aiptu Royyani, turut mengamankan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat.

Hak itu, menindak lanjuti perintah Komandan Satuan Brimob Polda Lampung, Kombes Pol R. Kasero Menggolo Nomor SPRIN/152/IV/PAM.6.3./2021 tanggal 02 April 2021, tentang kegiatan sterilisasi dan pengamanan area di wilayah hukum Polda Lampung.

Danden Gegana Polda Lampung, Kompol Robi Bowo Wicaksono mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu VIP dan VVIP, pada saat sebelum dan ketika berlangsungnya acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat.

Selain itu, langkah ini sebagai bentuk antisipasi terhadap hal- hal tidak diinginkan, walaupun dalam pelaksanaan dilaksanakan secara terbatas. “Kegiatan Strerilisasi dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan sudah menjadi tugas Unit Jibom,” tandas Robi.

Baca Juga: Gubernur dan Polda Lampung Ikuti Arahan Kapolri, Amankan Jalur Mudik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya