Gakkumdu Siap Usut Pembobol Kotak Suara Pemilu 2024 di Pesawaran

Tunggu arahan pihak Bawaslu

Intinya Sih...

  • Gakkumdu Pemilu 2024 Kabupaten Pesawaran siap mengusut pembobolan dan pengerusakan kotak suara di kantor Sekretariat PPK Way Khilau.
  • Kasatreskrim Polres Pesawaran telah menerima informasi peristiwa tersebut dan menunggu arahan dari Bawaslu untuk penanganan akhirnya.
  • Rekaman video memperlihatkan kotak suara tersegel berisikan surat suara Pemilu 2024 rusak dan dibobol di Sekretariat PPK Way Khilau, Pesawaran.

Pesawaran, IDN Times - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2024 Kabupaten Pesawaran bersiap mengusut peristiwa pembobolan hingga pengerusakan kotak suara di kantor Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Way Khilau.

Kasatreskrim Polres Pesawaran, AKP Supriyanto mengamini telah menerima informasi peristiwa tersebut. Pihak kepolisian dikatakan telah mengecek langsung tempat kejadian perkara (TKP) bersama petugas Bawaslu setempat.

"Kami selaku bagian Gakkumdu, sangat mempersilahkan dan membuka lebar laporan dari pihak Bawaslu dan siap mendampingi," ujarnya kepada IDN Times, Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga: Sekretariat PPK di Pesawaran Dibobol, Kotak Suara Tersegel Dirusak

1. Gakkumdu tunggu arahan dari Bawaslu Pesawaran

Gakkumdu Siap Usut Pembobol Kotak Suara Pemilu 2024 di PesawaranTangkap layar video penampakan segel kotak suara Pemilu 2024 di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Way Khilau. (IDN Times/Istimewa).

Merunut peristiwa terjadi, Supriyanto mengungkapkan, peristiwa itu berpotensi mengarah tindak pidana Pemilu. Kendati demikian, pihaknya selaku bagian Gakkumdu dari unsur kepolisian masih menunggu rekomendasi dari pihak penyelenggara Bawaslu Pesawaran.

"Kita tunggu arahan dari Bawaslu, seperti apa penanganan akhirnya pasti akan segera disimpulkan," ucapnya.

2. Intens koordinasi dengan bawaslu

Gakkumdu Siap Usut Pembobol Kotak Suara Pemilu 2024 di PesawaranRakor Sentra Gakkumdu Pemilu 2024 Kabupaten Pesawaran. (Instagram/@bawaslu_pesawaran).

Ihwal peran petugas pengamanan, Supriyanto mengatakan sejatinya badan ad hoc bertugas di lokasi kejadian memiliki peran penting. Oleh karena itu, pihaknya kini menunggu laporan hingga runutan peristiwa di lokasi kejadian.

"Kita tunggu saja infomasi dan perkembangan peristiwa ini seperti apa, yang jelas kita akan terus berkoordinasi dengan bawaslu," ucapnya.

3. Rekaman kotak suara tersegel dirusak beredar luas

Gakkumdu Siap Usut Pembobol Kotak Suara Pemilu 2024 di PesawaranTangkap layar video penampakan segel kotak suara Pemilu 2024 di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Way Khilau. (IDN Times/Istimewa).

Rekaman video penampakan sejumlah kotak suara tersegel berisikan surat suara Pemilu 2024 telah melalui proses pemungutan suara dirusak hingga dibobol di Sekretariat PPK Way Khilau, Pesawaran beredar luas.

Dari video diterima IDN Times, Sabtu (17/2/2024), terekam sejumlah orang tengah memeriksa sejumlah kotak suara di suatu ruangan penyimpanan berisi logistik Pemilu 2024. Diperlihatkan, kotak suara jenis DPD RI, DPRD Kabupaten/Kota, hingga DPR RI segel dirusak hingga tak lagi bersegel.

Masih dalam video berdurasi 4 menit 4 detik itu, nampak jelas segel berupa stiker berlogo KPU pada sejumlah kotak suara telah dirusak hingga terkelupas. Seorang pria bersama rekannya memperlihatkan satu per satu kondisi kotak suara sudah dalam keadaan segel dirusak tesebut.

"Itu penengahan, ni udah rusak semua ini, TPS 7 segelnya udah rusak semua," terdengar suara percakapan dalam video sambil menunjukkan kondisi kotak suara dimaksud.

"Segel ini lebih parah gak dikancing ini, ada 1, 2, 3,4 Penengahan segelnya tidak terkunci. TPS 7, TPS 4, TPS 9. Ini ni DPR RI juga nih, satu desa lepas segel," sambung suara tersebut.

Baca Juga: 233 Surat Suara Sudah Tercoblos, KPU Bandar Lampung: Dari Kami Clear

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya