Frustasi Putus Cinta, Pemuda di Lampung Timur Gantung Diri

Sempat komunikasi dengan pacar via telepon

Intinya Sih...

  • Pemuda di Lampung Timur ditemukan tewas gantung diri setelah putus cinta dengan kekasihnya, korban bernama ACH (19) warga Kecamatan Sekampung.
  • Penemuan korban dilaporkan petugas Bhabinkamtibmas setelah mendapat kabar dari kepala dusun setempat, dan pemeriksaan menyimpulkan korban murni gantung diri.
  • Korban diduga nekat mengakhiri hidupnya karena frustasi akibat putus cinta setelah berkomunikasi dengan pacarnya melalui telepon. Keluarga menolak visum atau autopsi atas jasad korban.

Lampung Timur, IDN Times.- Seorang pemuda di Kabupaten Lampung Timur ditemukan tewas dalam keadaan gantung diri. Korban diduga nekat menghabisi nyawanya setelah putus cinta dengan sang kekasih.

Korban inisal ACH (19) warga Kecamatan Sekampung, Lampung Timur. Ia gantung diri dengan seutas tali tambang diikatkan pada di ventilasi kusen pintu kamar rumah.

"Benar, telah terjadi penemuan mayat meninggal dunia karenaa gantung diri, korban inisal ACH," ujar Kapolsek Sekampung, AKP Rudi saat dimintai keterangan, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: Berawal Main Air di Sungai, Pelajar SMK dan SD Pringsewu Tewas

1. Murni korban gantung diri, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan

Frustasi Putus Cinta, Pemuda di Lampung Timur Gantung DiriPenampakan jasad korban ACH saat dievakuasi. (Dok. Polres Lampung Timur).

Dijelaskan Rudi, peristiwa penemuan korban gantung diri itu bermula saat petugas Bhabinkamtibmas mendapatkan kabar dari kepala dusun setempat, Senin (4/3/2024) sekira pukul 06.00 WIB. Informasi itu diteruskan ke Mapolsek Sekampung dan langsung ditindaklanjuti petugas ke lokasi kejadian.

"Mayat korban ini ditemukan gantung diri dengan seutas tali tambang diikatkan di ventilasi kusen pintu kamar," ungkapnya.

Kemudian petugas polsek dan tim kesehatan Puskesmas Trimulyo mendatangi TKP untuk melakukan pemeriksaan kepada mayat jasad korban. "Hasil pemeriksaan, korban murni gantung diri dan tidak ditemukan bekas benda tajam atau tanda-tanda penganiayaan," sambung dia.

2. Sempat komunikasi via telepon dengan sang pacar

Frustasi Putus Cinta, Pemuda di Lampung Timur Gantung Diriilustrasi wanita telpon (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Dari pemeriksaan saksi-saksi hingga informasi dihimpun pihak kepolisian, Rudi melanjutkan, korban diduga memutuskan nekat mengakhiri hidupnya, karena mengalami frustasi setelah hubungan asmaranya berakhir dengan sang kekasih.

"Pada malam kejadian, korban ini sempat berkomunikasi melalui telepon dengan pacarnya. Saat itu, pacar korban memutuskan untuk mengakhiri hubungan percintaan mereka dengan hingga korban frustasi dan memutuskan bunuh diri," ungkap kapolsek.

Lebih lanjut dikatakan korban ACH sejak beberapa tahun terakhir hanya tinggal bersama adiknya di rumah tersebut. "Ayahnya bekerja di Pekanbaru dan ibu nya bekerja sebagai tenaga Migran di Taiwan," tambahnya.

3. Keluarga terima kepergian korban dan tolak autopsi

Frustasi Putus Cinta, Pemuda di Lampung Timur Gantung Diriilustrasi otopsi (freepik)

Bersamaan dengan penemuan jasad korban, Rudi menambahkan, kepolisian turut mendapati seutas tali tambang digunakan ACH menggantung diri sampai akhirnya dinyatakan meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP).

Atas kejadian ini, disampaikan pihak keluarga korban telah ikhlas menerima kepergian pemuda tersebut dan menolak untuk dilakukan langkah visum maupun autopsi.

"Jasad korban diminta untuk tidak dilakukan proses visum atau autopsi oleh keluarga, karena akan segera dikebumikan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) terdekat," tandas kapolsek.

4. Layanan depresi di Provinsi Lampung

Frustasi Putus Cinta, Pemuda di Lampung Timur Gantung Diriilustrasi sedang telpon (pexels.com/Ono Kosuki)

Depresi bukanlah persoalan sepele. Bila kamu merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri atau melihat teman atau kerabat memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa.

Jika membutuhkan bantuan profesional, di Lampung ada beberapa layanan bisa membantu kamu.

  • Anisa Rumah Psikologi berlokasi di Jalan Harapan No 20 Kota Sepang atau bisa menghubungi nomor 081367647110 untuk mengatur janji konseling.
  • Biro Psikologi Harmoni di Jalan Sultan Jamil No 9 Gedung Meneng, Bandar Lampung dengan nomor konsultasi 0813 7986 2876.
  • Biro Psikologi Terapan Psiko Mandiri di Jalan Kepayang Gang Cendana No 16/33, Rajabasa Pramuka. Layanan konsultasi kejiwaan secara gratis di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Lampung.
  • Nomor telpon dapat dihubungi di nomor 0721 271170 atau menyambangi lokasi langsung di alamat Jalan Raya Km.13, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, kode pos 35153.

Baca Juga: Diterpa Isu Penggelembungan Suara Pemilu, Begini Tanggapan PSI Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya